Dua Warga Klampis terserang Difteri

789 views

Difteri | oleh : Sumaryanto

Kepala Puskesmas Klampis, Erick Connyawan-Foto: Sumaryanto/MC.com

Maduracorner,com-Bangkalan, Kiptiyah (23) warga desa Klampis Timur dan Rahmat (31) warga desa Buluk Agung Kecamatan Klampis terserang penyakit Difteri. Kedua pasien Difteri itu di rawat di Puskesmas Klampis, namun pihak puskesmas langsung merujuk pasien tersebut ke BRSUD Syamrabu Bangkalan. “Kedua pasien itu langsung kami rujuk ke rumah sakit,” terang Kepala Puskesmas Klampis, Erick Connyawan, Rabu (05/12/2012).

Dijelaskan dia, dirujuknya dua pasien Difteri itu karena penyakit Difteri ini adalah penyakit berbahaya dan cepat menular. “Makanya penderita penyakit defteri ini harus segera diisolasi, agar virusnya tidak menyebar kemana-mana. Termasuk melakukan suspect atau pencegahan dini dilingkungan tempat tinggal penderita,” jelas Erick

Lebih lanjut Eric menjelaskan, penyakit yang disebabkan oleh virus coryne Bacterium Diphtriae (defteri) timbul karena adanya lingkungan yang kumuh dan kurang menjaga kebersihan.

Apalagi imbuh Erick, pada musim hujan dan pergantian iklim dari musim kemarau ke musim penghujan ini tidak hanya penyakit difteri saja yang perlu diantisipasi, akan tetapi penyakit DBD atau demam berdarah juga perlu diwaspadai. (yan/min)

Email Autoresponder indonesia