Edarkan Sabu, Pemuda Asal Kalimantan Diringkus

1111 views
image

Tiga TSK narkoba dikeler petugas

Sampang, maduracorner.com – Jelang lebaran Idul Adha, Satresnarkoba Polres Sampang gencar mengungkap tindak pidana penyalagunaan narkoba.

Hasilnya, dalam dua hari terakhir ini tiga tersangka narkoba jenis sabu-sabu berhasil diringkus petugas. Dua diantaranya pengedar dan salah satunya beralamat di Kalimantan Barat. Dia bernama Muhammad Saidi alias Muhammad Sahid (21) warga Kampung Samping Gg Mulia, Kecamatan Matan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat.

Dia ditangkap saat akan mengedarkan sabu-sabu bersama temannya bernama Matsali (33) warga Desa Banyusokah, Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang.

Saat melintas dengan motor Vixion M 4154 NK di jalan raya Desa Tlagah Banyuates, keduanya dihentikan oleh petugas yang sebelumnya sudah mendapat informasi adanya peredaran narkoba di wilayah tersebut.

“Mereka mengelabui petugas dengan cara membungkus sabu-sabu dengan tisu dan disembunyikan di saku baju. Barang buktinya total 5,27 gram sabu siap edar yang dibugkus 4 plastik klip,” ujar Kasat Narkoba Polres Sampang AKP Arief Kurniady, Senin (07/09/2015).

Sementara itu, satu tersangka narkoba lainnya bernama Marsulap (30) warga Desa Temoran Kecamatan Omben Kabupaten Sampang ditangkap saat menggelar pesta sabu-sabu di sebuah rumah di Desa Gersempal Barat Kecamatan Omben Kabupaten Sampang.

“Satu orang tertangkap, sedangkan tersangka lainya dua orang sekarang masih buron, identitas sudah ada,” tukasnya.

Ada dugaan, pesta sabu-sabu ini tergolong besar, sebab di lokasi pesta petugas berhasil menyita barang bukti seperangkat alat hisap sabu, 1 sendok sabu, 1 kompor sabu,1 alkohol 95 persen, 17 sedotan, 6 pipet kaca dan 32 plastik klip tempat sabu.

“Ini bagian upaya kita untuk menutup peredaran narkoba yang dibawa dari luar oleh warga yang pulang kampung untuk merayakan lebaran Idul Adha,” tegasnya.

Dan, untuk pasal yang diterapkan untuk pengedar ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara dengan pasal 114 ayat 2 Sub pasal 112 ayat 2 jo pasal 132 ayat 1 UU RI No 35 tahun 2009 tentang penyimpan dan menyediakan narkotika.

Sedangkan pemakai ancaman hukuman maksimal 12 tahun, dengan pasal 112 ayat 1 pasal 127 ayat 1 UU RI Nomer 35 tahun 2009 tentang penyalahgunaan narkoba. (far/yung)

Penulis : S Umar Al Farouq
Editor : Buyung Pambudi

Email Autoresponder indonesia