Empat Puskesmas Kembali Dibuka Pasca Ditutup Akibat Virus Corona

Bangkalan, Maduracorner.com, Empat puskesmas yang sempat ditutup selama 14 hari karena
tenaga medis dan pegawainya terpapar Covid-19. Akhirnya kembali beroperasi untuk melayani kesehatan masyarakat di Bangkalan. Selasa (14/7/2020).

Pengoperasian kembali puskesmas ini lantaran petugas medis yang positif sudah dinyatakan sembuh.

Kepala Puskesmas Tanah Merah Mohammad Sukron mengungkapkan, masyarakat Tanah Merah saat ini sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Memang semenjak dibuka, belum sepenuhnya masyarakat mengetahuinya. Bahkan selama dibuka kembali masih minim pasien yang berobat ke pusat layanan kesehatan ini,” ungkapnya.

Menurutnya, sebelum difungsikan kembali, Puskesmas Tanah Merah telah disterilkan dengan melakukan penyemprotan disenfektan beberapa kali. Kendatipun demikian, protokol jaga jarak dan selalu mengunakan masker harus dipatuhi pasien ketika berobat ke Puskesmas Tanah Merah.

“Untuk menjaga keamanaan ketika memeriksa warga yang berobat ke Puskesmas, maka petugas medis juga menggunakan masker ataupun mengunakan APD sesuai standar pelayanan di pandemi Covid-19 ini,” sebutnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Puskesmas Socah, Anita Oktavia Menurutnya, pelayanan di Puskesmas Socah sudah kembali normal. “Sudah dibuka mulai kemarin dan Pelayanan sudah aktif seperti biasanya,” ujarnya.

Selama beroperasi, kata dia, ia juga mengimbau kepada pegawainya agar tetap menjaga kewaspadaan dan disiplin dalam melaksanakan protokol pencegahan dan penularan Covid. Seperti sosial Distancing tetap diberlakukan.

“Pegawai di Puskemas Socah menggunakan APD lengkap disemua unit pelayanan. Dan kami juga sosialisasi ke masyarakat terkait pemulangan pasien yg sudah dinyatakan sembuh,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kamal, Nur Hotibah mengatakan, sebelumnya puskesmas Kamal ditutup selama 14 hari setelah terdapat pegawai terkomfirmasi positif covid-19 beberapa minggu lalu.

“Puskesmas Kamal kembali dibuka dan melayani masyarakat seperti sediakala,”kata dia.

Ia juga mengatakan, pelayanan di Puskesmas Kamal selama beroperasi dilakukan secara ketat untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Puskesmas Kamal sudah kami sterilkan. Setiap melakukan perawatan dan sebelum petugas melakukan penyemprotan disenfektan dibeberapa lokasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan, Sudiyo mengatakan, empat puskesmas itu dioperasikan kembali setelah sebelumnya dilakukan sterilisasi dalam mengantisipasi penyebaran dan penularan Covid-19.

Empat puskemas yang kembali dibuka itu adalah Puskesmas Tanah Merah, Kecamatan Tanah Merah,  Puskesmas Kamal, Kecamatan Kamal, Puskesamas Socah Kecamatan Socah dan Puskesmas Tongkuh Kecamatan Arosbaya.

“Seluruh petugas kesehatan dan pegawai puskesmas sudah menjalani rapid test sebelum puskesmas diputuskan untuk dioperasikan. Hasilnya, petugas dan pegawai negatif Covid-19,” ujar Sudiyo.

Menurutnya, pengoperasian kembali puskesmas ini dilakukan secara ketat dengan menerapkan protokol kesehatan. Pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus tetap dilakukan.

“Masyarakat pengunjung maupun petugas kesehatan diwajibkan menggunakan masker, pemeriksaan suhu tubuh, dan disediakan fasilitas mencuci tangan dan harus tetap jaga jarak,” pungkasnya. (Ris).

Email Autoresponder indonesia