Enam Ribu Lebih Personi Gabungan TNI/Polri Dipersiapkan Untuk Pilkades Serentak di Bangkalan

image

Bangkalan, maduracorner.com – Sebanyak 6.235 personil gabungan TNI /Polri bakal diturunkan untik mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Bangkalan. Unsur pengamanan ini dari Polres Bangkalan, Kodim 0829 Bangkalan dan Satuan Brimob Polda Jatim.

Hal itu disampaikan Asisiten Pemerintahan merangkap Ketua Panitia Pilkades Kabupaten Bangkalan, Hasan Buchori saat memberi sambutan pada deklarasi pilkades damai di Kecamatan Burneh beberapa waktu lalu.

Menurutnya, 6.235 personil keamanan ini nantinya akan ditempatkan sesuai kondisi dan tempat pelaksanaan pilkades di 232 desa. “Pelaksanaan pilkades serentak dibagi dalam 2 gelombang. Gelombang pertama sebanyak 112 desa akan digelar tanggal 15 Juni 2015 mendatang. Sementara pilkades 120 desa lainnya akan dilaksanakan pada gelombang kedua yang waktunya akan ditentukan kemudian”,ujar Hasan.

Ia juga menerangkan, penempatan personil pengamanan ini juga mempertimbangkan tingkat kerawanan pilkades. Pemkab Bangkalan dan pihak keamanan sendiri sudah membagi tingkatan ini dalam 3 katagori. Yakni desa rawan, sangat rawan dan aman.

“Karena masing-masing desa yang melaksanakan pilkades itu, tingkat kerawanannya berbeda. Maka tentu jumlah penempatan personil pengamanan juga akan berbeda”,terangnya.

Rinciannya, desa yang dinilai rawan akan diamankan oleh personil pengaman yang jumlahnya 2 kali lipat dari yang telah ditentukan. Sementara desa yang berkategori sangat rawan, jumlah personilnya bisa 3 atau 4 kali lipat.

“Soal berapa orang jumlah personil yang bakal ditempatkan, pihak keamanan yang menilai dan menentukan berapa orang yang dianggap pantas serta cukup untuk melakukan pengamanan,”pungkasnya. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia