Festival Anak Shaleh Meriahkan Pasar Rakyat Bangkalan

387 views

Lomba menghafal ayat-ayat pendek dalam Festival Anak Shaleh. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Sebanyak 75 peserta anak-anak perwakilan dari empat kabupaten di Pulau Madura, Jawa Timur, meramaikan lomba hafalan ayat-ayat pendek dalam ajang Festival Anak Shaleh di halaman Stadion Gelora Bangkalan (SGB), Jumat (4/1/2019) sore.

Festival Anak Shaleh ini, merupakan bagian dari acara tasyakuran 100 Hari Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bangkalan RK. Abdul Latif Amin Imron- Drs H Mohni yang bertajuk pasar rakyat UMKM tersebut.

“75 peserta lomba itu mulai dari umur 3 sampai 9 tahun. Tujuannya, untuk menanamkan pendidikan karakter yang islami sejak usia dini,” ucap EO Festival Anak Saleh, Tanty Haryuningtyas.

Menurutnya, lomba hafalan ayat-ayat pendek tersebut dibagi menjadi dua kategori usia. Usia 3-5 tahun untuk lomba hafalan surat Al-Ikhlas, Al- Falaq dan An-Nas. Sedangkan usia 6-9 tahun, untuk lomba hafalan surat Al-Lahab, At-Takasur dan Al- Maun.

“Selain dari Kabupaten Sumenep, Pamekasan, Sampang, dan Kabupaten Bangkalan, pesertanya ada juga dari Kota Surabaya,” imbuh Tanti.

Dia mengungkapkan, lomba menghafal itu sebagai ajang untuk menjaring bibit-bibit unggul hafidz dan hafidzah di Madura, khususnya di Kabupaten Bangkalan. Para peserta lomba adalah anak-anak yang masih duduk di bangku PAUD, TK dan SD.

“Kami ambil lima peserta terbaik.Nanti akan kami ajak road show untuk mengikuti Festival Anak Shaleh di Jawa Timur,” paparnya. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad