FUB Sepakat Tolak Paham Radikalisme

827 views
Ulama Bangkalan deklarasi tolak radikalisme

Ulama Bangkalan deklarasi tolak radikalisme


Bangkalan,maduracorner.com – Forum Ulama Bangkalan (FUB) menggelar deklarasi bersama terkait fenomena radikalisme di Indonesia. Dalam acara ini, ratusan kyai, ulama atau pimpinan pondok pesantren se-Kabupaten Bangkalan hadir. Bahkan sejumlah pejabat daerah pun turut hadir sebagai pembicara. Yakni Wabup Bangkalan Mondir Rofii dan Dandim 0829 Bangkalan Letkol Inf Sunardi Instanto dan Kapolres Bangkalan AKBP Sulistiyono.

KH Hasyani Zubair kepada sejumlah awak media mengatakan, acara yang digagas FUB di Ponpes Nurul Kholil ini dimaksudkan untuk membicarakan terkait radikalisme di Indonesia. Selain mewaspadai gerakan tersebut, juga mencegah konsep jihad yang keliru. “Kita tidak ingin sampai kecolongan faham radikal memasuki Kabupaten Bangkalan dan Madura secara umum,” terang kyai muda yang akrab disapa Ra Sani tersebut kepada maduracorner.com, kamis (2/4/2015) siang.

Sementara itu, Wabup Bangkalan Mondir Rofii dalam sambutannya mengatakan, ada beberapa persoalan berat yang dihadapi bangsa saat ini. Termasuk radikalisme dan narkoba. Menurutnya, sudah menjadi kewajiban para ulama menjaga pemahaman umat pada Islam yang benar dan tidak asal menyakiti pihak lain.

 
“Kedepan kami berharap, deklarasi menolak radikalisme yang digagas FUB ini tidak hanya berhenti disini saja. Tetapi dilanjutkan dengan diskusi-diskusi terkait Islam kekinian guna member pehamanan keislaman yang utuh,”kata Ra Mondir. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad el Shaarawy
Email Autoresponder indonesia