Gagal Panen Petani Bisa Dapat Asuransi Ini Persyaratannya

996 views
image

Ilustrasi

Bangkalan, Maduracorner.com – Para petani di Kabupaten Bangkalan, kini tidak usah was-was memikirkan perubahan iklim yang berpotensi merusak pertumbuhan padi. Pemerintah telah menyediakan asuransi pertanian khusus tanaman padi.

“Asuransi pertanian itu baru saja diluncurkan untuk memacu para petani dan mensejahterakan keluarga petani,” ucap Kabid. Produksi Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Bangkalan, Geger Heri Susianto, Kamis (31/3/2016).

Menurutnya, untuk mendapatkan asuransi petani cukup membayar Rp 36 ribu per hektare setiap musim tanam. Tidak dibedakan, sawah irigasi atau tadah hujan. Daftarnya ke mantari tani atau ke petugas penyuluh lapangan (PPL).

“Kerusakan padi yang disebabkan kekeringan, banjir, dan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) akan diganti melalui asuransi tersebut,” terangnya.

Dijelaskan, kerusakan lahan padi akan disurvei oleh tim dari Provinsi Jatim untuk diambil sampel kerusakan padi sebagai bahan laporan untuk menentukan layak tidaknya mendapatkan asuransi.  

“Jika memang layak akan diganti Rp 6 juta. Jika tidak ada kerusakan ya tidak diganti. Asuransi itu khusus tanaman padi saja, tidak untuk kedele dan jagung,” tandasnya.(Heriyanto Ahmad)

Email Autoresponder indonesia