Gairahkan Penggemar Ayam Bekisar, Kemari Gelar Lakber

783 views

Kabupaten Bangkalan Maskotnya ayam bekisar    | oleh : A.Shohib

tampak para penggemar ayam berkisar saat lakber-foto : A.Shohib/MC.com

tampak para penggemar ayam berkisar saat lakber-foto : A.Shohib/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan– Untuk menggairahkan penggemar ayam Bekisar yang mulai menurun, Keluarga Penggemar Ayam Bekisar Indonesia (Kemari), Minggu (01/12)  menggelar latihan Bersama (lakber) di jalan KH lemah Duwur  Kampung Jing Enjing Kelurahan Pajagan kecamatan kota Bangkalan. Dalam lakber tersebut ada sekitar 50 orang penggemar ayam bekisar dari berbagai daerah di Jatim hadir. Ketua Kemari Bangkalan, H Zainal Fatah, menjelaskan, satu tahu belakangan ini, para penggemar ayam bekisar mulai menurun.

“Karena sudah agak menurun, makanya sekarang ini kita rangsang dengan lakber ini,” terang H Zainal Fatah. Zainal Fatah yang juga pemilik ayam bekisar dengan nama Rembulan ini lebih lanjut menjelaskan, kabupaten Bangkalan sebagai maskotnya ayam bekisar harus tetap mempertahankan eksistensinya,  Bangkalan ini adalah maskotnya ayam bekisar, makanya ini harus kita terus pertahankan,” kata Zainnal fatah yang ayam bekisarnya ditawar seharga Rp 30 juta ini.

Sementara itu, Sekretaris Kemari, Chandra Irawan, menjelaskan, peserta Lakber ini tidak hanya dari kota bangkalan saja, akan tetapi, pesertanya datang darui berbagai kota di jatim. “Ada yang dari Trenggalek, Bondowoso, kalau empat kabupaten di Madura datang semua, dari Magelang juga ada,” kata Chandra Irawan.

Lebih lanjut Chandra Irawan menjelaskan,  dalam Lakber ini ada tiga kelas ayam bekisar mulai dari kelas Utama, Madya dan Pemula. “Penilaian yang kita nlai adalah suara depan, suara belakang, bersih/kotor dan lagu atau iramanya,” kata Chandra Irawan. Lakber yang digelar saat ini kata Chandar adalah lakber tingkat Madura. “Kalau latihan rutinnya kita lakukan setiap hari sabtu dan dalam latihan bersama kita siapkan hadiah seperti piagam dan piala,” pungkasnya. (shb/min)