Gaji PNS dan THL Kuras APBD Bangkalan

1892 views
Ilustrasi APBD
Bangkalan, Maduracorner.com – Gaji pegawai di lingkungan pemerintah kabupaten (Pemkab) Bangkalan dinilai membebani anggaran pendapatan belanja daerah (APBD). Tak tanggung-tanggung gaji untuk pegawai negeri sipil (PNS) dan tenaga harian lepas (THL) tersebut menguras APBD sebesar Rp 927 miliar.
 
Bupati Bangkalan Makmun Ibnu Fuad menyatakan, untuk menangani besarnya jumlah gaji tersebut perlu ada langkah-langkah strategis melalui analisa sesuai kebutuhan di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Salah satu langkah yang bisa diambil melalui perampingan jumlah pegawai.
 
“Kami nanti buat data statistik kebutuhan riil pegawai di masing-masing dinas. Melalui data ini nanti bisa menyesuaikan berapa idealnya pegawai yang dibutuhkan,”ungkap Makmun usai penyampaian nota bupati atas pandangan umun fraksi DPRD dalam rangka RAPBD tahun 2016, Kamis, (26/11/2015).
 
Ia menambahkan, sementara ini tidak akanada pengangkatan atau perekrutan pegawai karena dinilai sudah terlalu banyak. Setelah pegawai di masing-masing SKPD dirasa sudah sesuai dengan kebutuhan,perekrutan akan kembali dilakukan.
 
“Sekalipun pegawai yang ada terlalu banyak bukan berarti langsung dikurangi sekarang. Namun akan dicarikan solusi bagaimana mengatasinya. Asas-asas kemanusian tetap dikedepankan,”imbuhnya.
 
Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Bangkalan Abdurrahman menambahkan, perampingan yang dimaksud bukan lantas harus memecat pegawai yang sekarang. Namun, dengan pemerataan yaitu jika ada PNS yang pensiun nantinya tinggal melakukan pengangakatan bagi THL.
 
“Jadi jumlah pegawai disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini agar tidak memakan anggaran. Gaji THL saja Rp 41 miliar. Kalau bisa dikurangi, anggarannya bisa dialokasikan ke sector kebutuhan masyarakat yang lain,”jelas politisi Demokrat ini. (her/mad)
 
Penulis: Donny Heryanto
Editor: Mamad el Shaarawy
Email Autoresponder indonesia