Gelar SerayaFest, Cara HIPMI Bangkalan Tingkatkan Inovasi Bisnis dan Lahirkan Bibit Pengusaha Baru

Caption: Ketua Hipmi Bangkalan, Savira Ayu foto bersama Wakil Bupati Bangkalan, Drs. Mohni.

BANGKALAN, Maduracorner.com, Upaya menumbuhkan Inovasi Bisnis dan melahirkan bibit pengusaha muda dari Pulau Madura, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Bangkalan menggelar acara serangkaian pengembangan bisnis. 

Kegiatan tersebut diadakan sejak bulan Mei 2022 lalu, dengan dikemas kegiatan SerayaFast. Yakni kegiatan dengan pelbagai materi, mulai dari pelatihan, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Business Plan Competition, lomba hingga seminar. 

Bacaan Lainnya
umroh

Puncak Serayafast berlangsung pada tanggal 3-4 Desember 2022, di Long Gledek Lanjeng Bangkalan.

Ketua panitia Amir Muhammad Arslan mengatakan, Acara SerayaFast ini menjadi sarana bagi masyarakat Madura menuangkan inovasi ide usaha yang digambarkan dalam Business Model Canvas (BMC).

“Seperti business Plan Competition adalah salah satu ajang perlombaan melibatkan tokoh-tokoh ternama,” Imbuh Arslan.

Tindak lanjut dari perlombaan ini, menurut Arslan panitia memberikan kesempatan terhadap peserta yang dinyatakan lolos untuk mempresentasikan ide bisnisnya dihadapan empat Bupati di Madura.

“Peserta juga telah mempresentasikan ide usaha pada seleksi tahap kedua, dan peserta terpilih telah menjelaskan ide usaha di hadapan 4  Bupati se-Madura,” imbuhnya.

Arslan Sapaan akrabnya juga menambahkan, Para peserta juga mengikuti kegiatan HIPMI untuk memperluas jangkauan usaha, hingga hadiah penghargaan dan peluang untuk mendapatkan investasi total senilai puluhan juta rupiah.

Selain itu Serayafast juga ajang bagi para pegiat usaha lokal dalam berkontribusi membangun iklim bisnis yang lebih kuat dan membantu pemerintah daerah memulihkan perekonomian pasca pandemi untuk kesejahteraan masyarakat Bangkalan.

Kemeriahan Serayafast dirasakan betul oleh Abdur Rozak, Mahasiswa  Universitas Trunojoyo Madura Berkesempatan mempresentasikan ide Ecorpack dari jerami. Meski belum beruntung Mahasiswa Teknik Semester 5 mengungkapkan Serayafast memberikan pengalaman yang berharga baginya, sebab ada mentoring usaha, dan diberi bekal langsung  oleh pengusaha yang sudah berpengalaman.

“Sebelumnya pernah ikut lomba sejenis, tapi belum beruntung, ini Alhamdulillah kami dapat wejangan langsung dari pengusaha sukses,” ungkapnya.

Selain mengadakan bisnis antara lain Madura Business Plan Competition, Serayafast juga menggelar HIPMI Talk, Business Investment Matching, dan Pameran Kreatif yang bertujuan untuk mengembangkan dan mencetak entrepreneur yang ada di Madura sehingga dapat menjadi pengusaha yang luar biasa. (Ris)

Pos terkait