Gerakan Membaca, Upaya Komunitas Kaki Bukit di Sumenep Cerdaskan Anak Desa

Komunitas Kaki Bukit sedang mengajari anak desa membaca dan menulis. (FOTO: Sai)

SUMENEP, MADURACORNER.COM-
Sejumlah pemuda di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang tergabung dalam Komunitas Kaki Bukit melakukan gerakan membaca ke kampung-kampung, Jumat (1/3/2019).

Gerakan literasi itu, sebagai bentuk kepedulian sekelompok pemuda untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Khususnya, bagi anak-anak pedesaan yang kurang tersentuh fasilitas pendidikan.

Mengendarai sepeda motor sambil membawa buku terbungkus kardus, Komunitas Kaki Bukit menyusuri jalanan pelosok desa yang berlokasi di daerah perbukitan. Tepatnya, Dusun Romalaka, Desa Karangcampaka, Kecamatan Bluto.

Kedatangan Komunitas Kaki Bukit,
disambut antusias oleh puluhan anak desa yang hendak belajar. Para pemuda ini, membimbing anak desa belajar membaca dan menulis dengan telaten.

Peserta gerakan kampung membaca, rata-rata siswa Taman Kanak-Kanak (TK) dan siswa Sekolah Dasar (SD) yang belum bisa membaca dan menulis, karena keterbatasan tenaga pendidik.

Selain keterbatasan tenaga pendidik, faktor lainnya akibat kesibukan para orangtua dalam mencari nafkah sehingga tidak memiliki waktu untuk mengajari anaknya setiap hari.

“Kegiatan ini rutin dilakukan setiap Jumat, dan sudah berjalan sekitar dua tahun. Gerakan membaca tercetus atas inisiatif sendiri tanpa bantuan pemerintah,” ucap Koordinator Komunitas Kaki Bukit, Hanafi.

Menurutnya, buku-buku bacaan yang disediakan menyesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing siswa. Mereka diajari mulai dati mengenal huruf per huruf, kemudian menghafal hingga diajari cara menulis yang baik dan benar.

“Gerakan semacam ini, juga bisa mengurangi ketergantungan anak-anak desa bermain gadget,” tandasnya. (*)

Penulis: Sai

Editor: Riyan Mahesa