Gerhana Bulan Langka, Wanita Hamil Gigit Parang

878 views
image

Ibu Sofia menunjuk titik terang bulan gerhana di langit

Sampang, Maduracorner.com- Dari data astronomis, pada Sabtu 04 April 2015 atau 14 Jumadil Akhir 1436 Hijriah, akan terjadi gerhana bulan total (GBT).

Dari Data Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), bahwa gerhana dengan totalitas kurang dari 5 menit hanya terjadi 2 kali dalam 1 milenium terakhir.

Fenomena bulan merah darah yang super singkat ini, menurut data NASA, baru akan terjadi 140 tahun lagi atau pada 11 September 2155 dengan durasi totalitas 2 menit 36 detik.

Gerhana bulan total (GBT) malam ini, dapat diamati oleh hampir seluruh kawasan Indonesia, termasuk di Kabupaten Sampang.

“MasyaAlloh, inilah tanda kekuasaan Alloh. Pada saat gerhana bulan, orang madura punya kepercayaan wanita hamil menggigit parang agar diberi kemudahaan saat melahirkan. Dan orang yang tubuhnya pendek akan bergelantungan atau lompat-lompat agar tinggi,” ujar Ibu Sofia, ditemui saat melihat gerhana bulan di depan rumahnya, jalan Wilis, Sampang.

Pada saat gerhana bulan, umumnya orang madura akan melaksanakan sholat sunnah kusuful qamar atau salat gerhana bulan secara berjama’ah.
Dalam hadist riwayat Buchori-Muslim disebutkan bahwa “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Terjadinya gerhana matahari atau bulan itu bukanlah karena kematian seseorang atau kehidupannya. Maka jika kamu melihatnya, berdoalah kepada Allah, bertakbirlah kepada-Nya, bersedekahlah dan salatlah.”

Penulis : S Umar Al Farouq
Editor.  : Achmad

Email Autoresponder indonesia