Gubernur Jatim Tinjau Pasar Hewan Di Tanah Merah Jelang Idul Adha

Bangkalan, Maduracorner.com, Menjelang Idhul Adha, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau langsung pasar hewan di Kecamatan Tanah Merah, Bangkalan. Kedatangannya untuk memastikan ketersediaan hewan kurban di Jatim aman.

Saat di Bangkalan, Khofifah juga berkunjung ke salah satu kelompok ternak yang menjual hewan qurban secara online di Desa Pettong, Kecamatan Tanah Merah, Bangkalan.

“Saya ingin memastikan bahwa ketersediaan hewan kurban cukup, aman, sehat dan halal. Ini menjadi bagian yang penting untuk memastikan bahwa proses dari penyembelihan hewan kurban nanti akan disuport stok hewan ternak yang cukup, aman, sehat, utuh dan yang halal karena kita selama 4 bulan ini sedang dilanda COVID-19,” kata Khofifah Indar Parawansa usai berkunjung ke peternakan di Didesa Pettong. Sabtu (25/7/2020).

Mantan Menteri Sosial itu juga mengapresiasi ikhtiar masyarakat Bangkalan dengan adanya inseminasi buatan untuk sapi-sapi pejantan di kelompok ternak sapi Pettong.

“Artinya proses ini akan menguatkan pembiakan dari sapi-sapi yang ada di Bangkalan, khususnya di Tanah Merah,” kata dia.

Tak hanya itu, tujuan peninjauan pasar hewan dam salah satu kelompok sapi ternak itu, kata Khofifah, pihaknya ingin memastikan koordinasi dengan Bupati Bangkalan untuk menyiapkan hulu-hilir.

Karena, lanjut dia, semisal budidaya sapi di Bangkalan sudah memenuhi kebutuhan ekonomi, maka pembuatan konsentrat bisa dilakukan di sisni.

“Kita mesti menghitung, kita membutuhkan berapa banyak konsentrat untuk sapi yang ada di Pettong atau mungkin Tanah Merah. Kalau sudah seperti itu, maka dimungkinkan untuk kita membuat pabriknya meskipun dalam skala kecil,” ungkap dia.

Ia juga menuturkan, apabila telah dinyatakan sehat, maka perlu diperhatikan cara penyembelihan dan proses pendistribusian yang aman dan sesuai protokol kesehatan.

“Proses penyembelihan dan pendistribusian ini harus dijaga dengan SOP (standar operasional prosedur) masing-masing, untuk bisa menjaga semuanya berjalan dengan aman dan baik, sehingga nantinya ini tetap bisa terjaga saat pandemi covid seperti sekarang,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron mengungkapkan, Kelompok Peternak di Desa Pettong berdiri sejak 18 Desember 2018 dengan jumlah anggota sebanyak 20 orang.

Ra Latif sapaan akrabnya juga mengucapkan terimakasih karena Gubernur telah berkunjung ke Bangkalan khususnya ke Pasar Hewan Tanah Merah dan Desa Pettong.

“Ini bentuk perhatian Ibu Gubernur kepada Bangkalan khususnya kali ini pada para peternak,” pungkasnya. (Ris).

Email Autoresponder indonesia