Gus Ipul Resmikan Bantuan Renovasi 500 Unit RLTH Se-Madura

image

Gus Ipul Resmikan Bantuan Renovasi 500 Unit RLTH Se-Madura

Bangkalan, maduracorner.com – Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) secara simbolis meresmikan renovasi pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 2015 di halaman Pemkab Bangkalan, senin (14/9/2015) pagi. Peresmian 500 unit rumah di se-Madura ini merupakan kerjasama Pemprov Jatim dengan Lantamal V Surabaya yakni di yakni Kabupaten Bangkalan, Sampang dan Sumenep

Ratusan unit rumah tersebut merupakan bagian dari 1.600 unit RTLH daerah pesisir di Propinsi Jatim. “Mewakili Gubernur Jatim, dengan ini secara resmi saya nyatakan operasi bakti sosial TNI AL renovasi RTLH untuk masyarakat pesisir di wilayah Madura dan beberapa tempat di Jatim dibuka dan dimulai,”ujar Gus Ipul di depan undangan.

Gus Ipul mengatakan, pada prinsip rumah merupakan kebutuhan dasar manusia. Sehingga setiap warga negara berhak mempunyai dan menempati rumah yang layak huni khususnya bagi warga yang kurang mampu.

Terbukti dari data masyarakat kurang mampu pada tahun 2015 ini, total bantuan renovasi rumah yang dibutuhkan sekitar 254 ribu RTLH di Jatim. Sedangkan syarat-syarat untuk memperoleh bantuan renovasi RTLH bagi warga kurang mampu diantaranya, tanah yang dimiliki tidak bermasalah, lantai masih dari tanah, warga yang tidak memiliki asset lain, penghasilan tidak tetap, gaji dibawah UMP dan rumah yang tidak memiliki jendela serta pemilik rumah berstatus janda.

“Anggaran yang disediakan Pemprop Jatim untuk bantuan renovasi 1.600 RTLH pada tahun 2015 tersebut sebesar Rp 15 milyar,”ujar Gus Ipul.

Usai membuka secara resmi, mantan Menteri tersebut memberian secara simbolis pula kepada perwakilan dari TNI berupa alat-alat renovasi. Seremonial ini ditutup dengan pemukulan gong dan pelepasan balon ke udara oleh Gus Ipul. (yan/mad).

Penulis : Aryan
Editor.  : Mamad El Shaarawy

Email Autoresponder indonesia