Hadapi Revolusi Industri 4.0, UTM Kembangkan Pendidikan Berbasis Klaster

Rektor UTM, Dr Muh Syarif. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Perguruan tinggi berbasis klaster menjadi pilihan strategis yang digunakan sebagai metode percepatan pengembangan Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Pendidikan berbasis kelompok ini, untuk menghadapi tantangan revolusi industri generasi keempat.

“UTM sebagai perguruan tinggi berbasis klaster siap menjawab revolusi industri generasi 4.0,” terang Rektor UTM, Dr Muh Syarif, Kamis (12/7/2018).

Menurutnya, banyak hal yang sudah dilakukan dalam pengembangan perguruan tinggi berbasis klaster tersebut. Di antaranya, reorientasi kurikulum, pengembangan teknologi komunikasi dan informasi. Bahkan, UTM tengah mempersiapkan program pendidikan jarah jauh.

“Termasuk pembangunan infrastruktur. Infestasi kami cukup besar untuk keperluan Information comunication and technologi (ICT), karena menjadi bagian penting pengembangan UTM dalam menjawab revolusi industri,” imbuhnya.

Menjawab segala permasalahan dalam menghadapi revolusi industri kata Syarif menjadi komitmen dan tanggung jawab perguruan tinggi. Sebab, peran-peran strategis dan kontribusi dari perguruan tinggi sangat dibutuhkan.

“Perguruan tinggi harus menjadi menara air yang mampu menyelesaikan masalah dan bermanfaat,” imbuhnya.

Menurutnya, industri berbasis sumber daya merupakan solusi tepat untuk memajukan Pulau Madura. Resource based itu, sudah familiar dan mudah dikembangkan daripada mendatangkan industri dari luar yang masih membutuhkan waktu dan sosialisasi yang lama.

“Madura tidak akan pernah maju kalau tidak ada industri,” tandasnya.(*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor : Ahmad