Hairuddin Pimpin AJS

738 views
Deklarasi Aliansi Jurnalis Sampang

Deklarasi Aliansi Jurnalis Sampang

Tanpa Kehadiran Bupati, AJS Tetap di Deklarasikan | oleh : Arie W

Maduracorner.com, Sampang– puluhan wartawan yang biasa meliput di kabupaten Sampang, Kamis (21/11) berkumpul di gedung PKPN Sampang, mereka mendeklarasikan organisasi wartawan Aliansi Jurnalis Sampang (AJS). Dalam deklarasi tesebut, Ach. Hairuddin wartawan harian Surabaya Post terpilih sebagai ketua AJS yang baru.

Ketua AJS tepilih, Ach. Hairuddin mengharapkan keberadaan AJS akan semakin dewasa. “mudah-mudahan AJS akan jauh lebih berkembang pesat sebagai sebuah lembaga yang telah matang dan mempunyai kedewasaan dalam berorganisasi, sehingga mampu berkiprah dan memberikan kontribusi positif di bidang pemberitaan yang informatif dan edukatif,” kata Ach Hairuddin.

Namun sayang, acara deklarasi tersebut, tidak dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati serta seluruh SKPD
sekabupaten Sampang menjadi pertanyan bagi para anggota AJS dan tamu undangan yang lain, sehingga menurut Ach. Hairuddin, ketidakhadiran para tamu undangan mulai dari Bupati, Wabub, serta SKPD di kabupaten Sampang akan membuat jarak antara jurnalis dan birokrasi semakin menganga. ”Kami merasa tidak diorangkan dengan sikap aparat birokrasi yang terkesan eksistensi kita tidak dihargai,” kata Heru sapaan akrabnya Ach. Hairuddin.

DikatakanHeru, AJS. Memberikan apresiasi kepada Kajari dan Kapolres Sampang  yang bersedia meluangkan waktunya untuk hadir dalam deklarasi AJS ini. “Kedepan kita akan intens membangun kemitraan dgn pihak yudikatif dalam mengawal pelaksanaan pembangunan di Sampang, teruma menyangkut kebijakan pemerintah yang tidak populis dan tidak brpihak kepada kepentingan rakyat ini,” jelas Heru

Lebih lanjut Heru menjelaskan, terbentuknya AJS yang sebelumnya bernama Forum Komunikasi Wartawan Independent (FKWI) pada tahun 2004 silam, berangkat dari kebesamaan komitmen sebagai bagian dari 4 pilar demokrasi, maka AJS tetap bekerja di atas ketentuan kode etik jurnalistik dan menjunjung tinggi semangat kebebasan pers.

Wartawan yang tergabung dalam AJS ini kata Heru terdiri dari wartawan-wartawan media harian cetak dan elektronik, diantaranya ; Surabaya Pos, Radar Madura (JP), Koran Madura, Kabar Madura, SCTV, JTV, Trans7,TVOne, El Sinta, Berita jatim, dan lain-lainnya. (rie/min)

Email Autoresponder indonesia