Halang – Halangi Wartawan Kasek MTsN Bangkalan Dinillai Arogan

Peserta UNAS Susulan-Foto: Aryan/MC.com

Peserta UNAS Susulan-Foto: Aryan/MC.com

Larang Wartawan mengambil Foto Peserta UN Susulan SMP MTs | Oleh:Aryan

Maduracorner.com, Bangkalan – karena menghalang-halangi Wartawan yang akan meliput Ujian Nasional (UN) SMP/MTs susulan, Kasek MTsN Bangkalan, Emmy Kalsum dinilai arogan.

karena sengaja menghalang – halangi tugas seorang jurnalis ketika hendak meliput peserta UN Susulan 2014 SMP/MTs di MTsN Bangkalan.”Padahal sebelumnya, kami dengan baik – baik minta izin untuk meliput dan mengambil foto, kami sebagai wartawan tahu aturan dan hanya mengambil foto dari pintu ruangan dan tidak sampai masuk kedalam ruangan, karena satu-satunya siswa peserta yang mengikuti UN susulan di MTs, Maulidawati dari MTs Darul Mannan Arosbaya Kecamatan Arosbaya,” kata Wartawan Media Online, Sumaryanto.

Namun kata Sumaryanto, tiba-tiba Kasek MTsN melarang dirinya, karena dinilai menganggu konsentarasi siswa peserta UN. “Tidak boleh mengambil foto peserta UN 2014 Susulan SMP/MTs ini, karena bisa menganggu peserta UN Susulan,” kata Sumaryanto menirukan ucapan Kasek MTs Negeri Bangkalan, Emmy Kalsum.

Akan tetapi kata Sumaryanto, ketika dirinya menyampaikan alasan, akhirnya dibolehkan mengambil foto peserta siswa yang tengah mengerjakan UN 2014 SMP/MTs susulan meskipun dengan wajah tidak senangan terhadap kehadiran wartawan, . “Silahkan ambil foto, tapi Jangan sampai mengganggu peserta UN susulan ya,” kata Sumaryanto menirukan ucapan Kasek MTsN Bangkalan.

Yang lebih memperihatinkan, ,peserta UN susulan MTs, Maulidawati siswi MTs Darul Mannan Arosbaya ini adalah saat mengikuti UN susulan SMP/MTs tidak ditempatkan disebuah ruangan yang layak, akan tetapi hanya ditempatkan diruang perpustakaan dan siswi itu menjawab soal secara lesehan dengan menggunakan meja pendek saja. “Peserta UN Susulan hanya satu orang, cukup ditempatkan perpustakaan saja,” jawab kasek itu dengan enteng

Sementara itu, Kepala Disdik Bangkalan, Mohni dikonfirmasi melalui Kasie Kurikulum SMP/SMA/SMK Disdik Bangkalan, Risman Irianto membenarkan peserta UN SMP/MTs 2014 yang digelar mulai tanggal 12-15 Mei 2014 hanya diikuti satu orang peserta yaitu Maulidawati siswi dari MTs Darul Mannan Arosbaya Kecamatan Arosbaya.

“Peserta UN Susulan SMP/MTs di Kabupaten Bangkalan cuma satu orang yakni Maulidawati dari MTs Darul Mannan Arosbaya,” terang Kasie Kurikulum SMP/SMA/SMK Disdik Bangkalan, Risman Irianto, Senin, (11/5).

Meski mengikuti UN susulan, tapi siswa MTs Darul Mannan Arosbaya ini, kata Risman, cuma mengikuti 1 mapel UN susulan yakni Bahasa Indonesia yang digelar pada hari pertama UN 2014, tanggal 8 Mei 2014 silam karena sakit juga rekomendasi surat keterangan dokter. Sedangkan UN pada hari kedua ketiga dan keempat, siswa yang bersangkutan mengikuti UN seperti peserta UN SMP/ MTs lainnya.

“Siswa MTs Darul Mannan Arosbaya ini, hanya mengikuti satu mapel saja yakni Bahasa Indonesia pada UN SMP/ MTs Susulan 2014 bertempat di subrayon MTs Negeri Bangkalan, besok. Pasalnya pada pelaksanaan UN hari kedua, ketiga dan keempat, dia ikut seperti peserta UN lainnya,” puungkas Risman Irianto. (yan/shb).