Hampir 80 Persen, Kasus Lakalantas Libatkan Roda Dua

773 views
Pastikan lalu Lintas Tertib, Sejumlah Pengendara Motor Di razia. foto : agus/mc.com

Pastikan lalu Lintas Tertib, Sejumlah Pengendara Motor Di razia. foto : agus/mc.com

Satlantas Bakal Intensifkan Penertiban Pengguna Jalan | oleh : agus
Maduracorner.com, Bangkalan – Kendaraan roda dua menempati peringkat pertama dalam deretan kasus kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di kabupaten Bangkalan. Dari total 206 kasus, 162 diantaranya melibatkan kendaraan bermotor roda 2 atau hampir 80 persen dari total kejadian. Ironisnya, rekor statistik itu tercatat dalam kurun 8 bulan terakhir.

“Selama delapan  bulan terakhir tercatat sebanyak 162 unit sepeda motor  yang terlibat kecelakaan lalu lintas. Untuk roda empat, mini bus dan angkutan umum 24 unit. Sisanya, truk, bus, dan kontainer tercatat 20 unit,” beber Kanit Lakalantas Polres Bangkalan Ipda Puji Purnomo.

Ia menjelaskan, angka kecelakaan yang didominasi sepeda motor  ini lebih disebabkan semakin bertambahnya populasi kendaraan  roda dua (sepeda motor) di setiap tahunnya. Dengan  volume sepeda motor  yang semakin padat,  potensi kecelakaan akan  semakin tinggi.

“Selain itu juga faktor pengendara mas, karena kelalaian ataupun buruknya prilaku berkendara di jalan raya. Salah satu misal, tidak menyalakan tanda atau isyarat saat hendak berbelok,” jelasnya.

Untuk mencegah lakalantas yang disebabkan faktor prilaku berkendara, unit Satlantas polres setempat akan melakukan penertiban terhadap pengguna jalan terutama pengguna roda dua. Sasarannya, pelanggar rambu dan pengendara yang masih belum cukup umur.(gus/krs)

Email Autoresponder indonesia