Hanafing: “Kualitas Rumput SGB Terbaik, Seharusnya Jadi Tempat TC Timnas”

Lapangan Rumput SGB Dianggap Terbaik, Setara Dengan Stadion-Stadion di Eropa

Lapangan Rumput SGB Dianggap Terbaik, Setara Dengan Stadion-Stadion di Eropa

Lapangan Rumput SGB Seperti di Stadion-Stadion Eropa | Oleh Mamad el Shaarawy

Maduracorner.com, Bangkalan – Kualitas rumput Stadion Gelora Bangkalan (SGB) terus menuai pujian. Bahkan sebagian orang (termasuk pemain dan pelatih) menyatakan, lapangan rumput stadion tersebut adalah yang terbaik di Indonesia.

Pelatih Perseba Bangkalan, Coach Hanafing, menyatakan, kualitas tersebut tidak terbantahkan. Ia menuturkan, persentase ketebalan rumput yang mencapai 65 persen daripada unsur tanah membuat pemain merasa nyaman tidak khawatir cidera. “Ini salah satu keunggulan lapangan rumput SGB selain kualitas rumputnya memang sangat bagus.”,tutur eks pemain Timnas Indonesia era 1990-an tersebut pada maduracorner.com.

Kondisi tersebut menurut Hanafing, membuat SGB bisa terhindari dari genangan air meski sedang hujan deras. “Bola akan tetap bisa meluncur normal saat hujan deras”,tambahnya.

Disisi lain, ketebalan rumput ini memang berpengaruh pada tumpuan kaki pemain saat berlari. “Jadi bagi tim yang jarang atau tidak pernah merasakan lapangan rumput SGB, mereka akan lebih kesulitan karena lebih menguras stamina”,katanya. “Maka beruntunglah Persepam Madura United maupun Perseba Bangkalan menjadikan SGB sebagai homebase”,imbuhnya.

Menyadari akan kualitas tersebut, Hanafing pun menyarankan agar tranning centre (TC) atau pemusatan latihan Tim Nasional Indonesia utamanya Timnas Indonesia U-19 agar di Bangkalan saja. Karena dengan begitu bisa menggunakan SGB sebagai lokasi latihan.

“Ini baik buat pemain tim nasional. Kerawanan cidera bisa dihindari, mereka juga bisa lebih beradaptasi dengan kondisi lapangan rumput yang memiliki ketebalan seperti ini. Saya yakin, kualitas lapangan rumput SGB sama dengan yang ada di stadion-stadion Eropa”,terangnya.

Sebelumnya, coach Indra Sjafrie juga sempat memberi pujian bagi kualitas lapangan rumput di SGB. Ia bahkan meninjau langsung kondisi stadion bersama panpel SGB, sehari sebelum pelaksanaan ujicoba antara tim Pra PON Jatim (Perseba Bangkalan) dengan Timnas Indonesia U-19 jumat lalu (21/2).

Pelatih asal Padang, Sumatera Barat tersebut sempat melontarkan pujian bagi SGB saat itu. “Saya tidak menyangka, tim seperti Perseba Bangkalan memiliki kualitas rumput seperti yang ada di stadion-stadion Eropa”,puji sang
entrenador Timnas U-19 tersebut saat itu. (mad)

Email Autoresponder indonesia