Hanafing: “Percaya Diri, Bukan Takabur. Yakin Juara!”

646 views
Hanafing (kanan) Bersama Manager Perseba Bangkalan, Imron Amin

Hanafing (kanan) Bersama Manager Perseba Bangkalan, Imron Amin

Pede Hadapi Babak Semifinal | Oleh Mamad el Shaarawy

Maduracorner.com, Bangkalan – Perseba Bangkalan menatap laga semifinal Divisi III dengan kepercayaan diri tinggi. Hal ini bukan tanpa alasan. Diantara peserta semifinalis lainnya, tim berjuluk Laskar Ke’ Lesap tersebut memang memiliki rekor pertandingan paling mengagumkan. Yakni selalu tampil sebagai juara grup pada 4 kali putaran grup sebelumnya. Bahkan Perseba memiliki jumlah gol terbesar diantara tim lainnya.

Terkait hal ini, pelatih kepala Perseba Bangkalan Hanafing mengatakan, apa yang dimiliki timnya saat ini secara umum berkat tempaan kompetisi yang ketat di Jawa Timur. Banyaknya klub di propinsi ini menjadikan mereka dengan mudah memiliki lawan untuk latih tanding. Hal ini dianggapnya menjadi salah satu kunci para pemainnya agar bisa terus mengasah keterampilan bola mereka serta menimba ilmu dari tim lawan.
“Selama ini kita memang sengaja memperbanyak ujicoba. Bahkan sempat ujicoba dengan Terengganu FA, salah satu klub Liga Super Malaysia (saat itu skor berakhir imbang 1-1). Ini bukan hanya melatih mental tanding, tapi juga untuk mengasah keterampilan mereka bermain”,terang Hanafing kepada maduracorner.com, selasa siang (21/1).

“Kompetisi antar klub termasuk di level junior di Jawa khususnya di Jawa Timur, itu cukup ketat karena banyaknya klub sepakbola disini. Pembinaan pun lebih bagus”,tambahnya.

Hanafing lalu membandingkan dengan kondisi para calon lawannya yakni Persepar Pariaman (zona Sumatera), Persekobi Kota Bima (Zona Bali Nusa Tenggara) dan Persintan Intan Jaya (Zona Sulawesi Papua). “Kompetisi di daerah itu setahu saya tidak seketat di Jawa Timur. Itu otomatis mempengaruhi pembinaan pemain dan mentalitas bertanding. Artinya, kita lebih baik dari mereka”,ucap Hanafing.

Eks pelatih PSIM Jogjakarta ini juga mengatakan, skuad Perseba Bangkalan sudah cukup teruji mengarungi kompetisi Divisi III musim 2013/2014. Sebagai buktinya, Perseba harus menjalani 3 kali penyisihan grup hanya untuk bisa lolos dari wilayah Jawa Timur. “3 kali kita main di putaran grup, 3 kali pula kita juara grup. Bahkan dengan hasil-hasil yang bagus. Gol-golnya juga tercipta cukup banyak”,kata pemain asal Makassar tersebut.

Dari catatan yang ada, Perseba memang menjalani 3 kali putaran penyisihan grup di wilayah Jatim. Terakhir, mereka lalu lolos ke putaran 4 yakni Zona Jawa untuk berebut tiket ke semifinal. Lagi-lagi, Septian Nugroho dkk juara grup dengan 15 gol yang berhasil dicetak ke gawang lawan.
 
“Setelah itu barulah kita masuk semifinal. Ini catatan dan modal bagus. Coba anda lihat tim semifinalis lain itu. Ada yang hanya main 2 kali putaran grup sudah lolos ke semifinal. Padahal, secara kualitas, kompetisi di Jawa khususnya level junior itu lebih bagus dari daerah lain”,ungkapnya.
Dengan segalan catatan tersebut, Hanafing pun cukup yakin bahwa anak asuhnya bakal mampu memberikan yang terbaik yakni gelar juara Divisi III Nasional tahun 2014 ini. “Bukannya takabur. Bukannya mendahului kehendak-Nya. Tapi kita memang yakin bisa juara”,pungkasnya. (mad)

Email Autoresponder indonesia