Hanya Dalam 5 Bulan, Satreskoba Polres Bangkalan Amankan 44 Tersangka Narkoba!

image

Dua TSK Narkoba Yang Ditangkap Aparat Satreskoba Polres Bangkalan

Bangkalan, maduracorner.com –  Data ini mungkin membuat miris. Namun sekaligus prestasi bagi aparat kepolisian. Hanya dalam waktu 5 bulan, Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polres Bangkalan mampu mengungkap 26 kasus narkoba dan mengamankan 44 tersangka. Data ini untuk kurun waktu terhitung Januari hingga Mei 2015.

Sementara untuk barang bukti, polisi menyita 87,5 gram sabu-sabu dan 25 butir ekstasi. Puluhan gram sabu-sabu itu terbanyak diamankan pada bulan Februari dengan berat 50 gram dengan tersangka sebanyak 8 orang. Kedua di bulan Januari dengan berat sabu-sabu 23 gram dengan 13 tersangka. Kemudian, bulan Mei menempati urutan ketiga dengan 14 tersangka dan 8 gram sabu- sabu.

“Sedangkan untuk bulan Maret, kami mengamankan 5 tersangka dengan 5 gram sabu- sabu. Terakhir di bulan April, hanya 1,5 gram dengan tersangka 4 orang. Dari 44 tersangka tersebut, sebanyak 16 orang diantaranya berasal dari luar Madura,”jelas Kasatnarkoba Polres Bangkalan, AKP Hery Kusnanto kepada maduracorner.com, senin (25/5/2015) siang.

Ia menegaskan, peredaran sabu-sabu di wilayah Bangkalan hingga saat ini tetap menjadi prioritas satuan yang dipimpinnya. Terlebih, di Kampung Tapel Desa Parseh Kecamatan Socah yang terkenal sebagai kampung narkoba. Selain itu, Herry menyebutkan, wilayah utara Bangkalan juga menjadi target operasi.

“Penyalahgunaan dan peredaran narkoba terjadi hampir di semua kecamatan yang ada di wilayah ini. Perlu diketahui, Bangkalan masuk di 10 besar daerah untuk pemberantasan barang haram tersebut,”imbuhnya.

Menurutnya pemberantasan narkoba membutuhkan dukungan dari semua pihak. Termasuk peran serta masyarakat dalam memberikan informasi jika ada transaksi sabu-sabu di wilayah masing-masing. Apalagi, personel Satreskoba sangat minim dan itu sangat tidak mungkin jika harus menjangkau semua kecamatan.

“Anggota kita (Satreskoba) hanya 15 orang. Kami merasa kesulitan. Peredaran narkoba pun semakin tidak terbendung. Namun selain kami yang di Polres, aparat Unit Reskrim di polsek-polsek jajaran pun siap memerangi narkoba,”tegas perwira dengan tiga balok kuning dipundaknya itu. (her/mad).

Penulis : Heriyanto
Editor  : Mamad El Sahraawy

Email Autoresponder indonesia