Harga Bawang Merah dan Cabai Naik 100 Persen

660 views
image

Penjual bawang merah

Bangkalan,maduracorner.com – Harga bawang merah dan cabai rupanya naik tanpa terduga. Hal ini terlihat sejak kamis (19/3/2015) pagi di Pasar Ki Lemah Duwur Bangkalan. Untuk bawang merah, kenaikan dari harga Rp 17 ribu menjadi  Rp 34 ribu/kg. Sementara cabai merah kriting dari Rp 30 ribu naik menjadi Rp 60 ribu/kg.

Kuat dugaan, naiknya harga bawang merah dan cabai di pasar induk yang terletak di Jalan Halim Perdana Kusuma Bangkalan itu, akibat para petani terlambat panen. Hal ini ditambah lagi karena pasokan yang biasanya dikirim dari pasar tradisional Keputran Surabaya juga berkurang.

“Kenaikan harga tersebut lebih banyak disebabkan oleh terlambatnya petani panen dan pasokan dari Surabaya berkurang,”ujar salah seorang penjual sembako, Hj. Sulimah kepada maduracorner.com.

Kenaikan harga 2 komoditi tersebut tidak hanya mengagetkan ibu rumah tangga. Namun juga para penjual makanan di Pujasera Stadion Gelora Bangkalan (SGB). Mereka mengaku terkejut saat belanja ke pasar karena bawang dan cabai merupakan bahan pokok untuk masakan mereka.

Namun mereka tidak bisa berbuat banyak dan harus membeli sesuai harga yang telah ditetapkan. Meski begitu mereka mengaku masih mikir-mikir untuk menaikan harga makanan yang mereka jual. “Saya tidak berani menaikan harga bakso saya, mas. Tapi mengurangi jumlah bawang goreng dan sambal pedas. Agar langganan tidak pindah ketempat lain,”aku Sumarni, salah seorang penjual bakso. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia