Harga Bawang Putih Dan Bawang Merah Capai Rp 60 Ribu

669 views

Harga Bawang Marah dan Bawang Putih meroket |   Oleh : Aryan

Ibu Mardah dan Soleha di pasar KLD Bangkalan_foto : sumaryanto/MC.com

Ibu Mardah dan Soleha di pasar KLD Bangkalan_foto : sumaryanto/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Harga bawang Merah dan Bawang putih di pasar tradisional Ki Lemah Duwur (KLD) Bangkalan. Selama seminggu terakhir ini, naik hingga 100 persen lebih. dari pantauan MC.com, dipasar tersebut, Selasa (12/03). Harga bawang putih Rp.60 ribu/kg dan bawang merah Rp. 50 ribu/kg -nya. “Saya susah mas, jualan sepi semenjak harga bawang putih dan bawang merah itu naik 2 kali lipat,” keluh Mardah warga Kelurahan Pangeranan Kecamatan/Kabupaten Bangkalan.

Menurutnya, kenaikan bawang putih dan bawa merah itu memang diluar dugaan. Bayangkan saja,  harga bawang putih dalam seminggu bisa naik 3 kali, dari Rp.28 ribu/kg, 3 hari kemudian naik menjadi Rp.35 ribu, 2 harinya lagi berubah jadi Rp.50 ribu dan genap seminggu tiba- tiba mendadak naik lagi menjadi Rp 60 ribu/kg-nya. Sedangkan harga bawang merah dari Rp.22 ribu/kg, naik Rp.30 ribu, Rp.40 ribu dan sekarang menjadi Rp. 50 ribu. “Opo tumon ?,” kata Marda dengan logat jawanya.

Hal Senada juga disampaikan Suleha, warga Sumur Kembang Kelurahan Bancaran, Kecamatan Bangkalan. Menurutnya, warga sekarang jarang membeli kiloan, atau sekedarnya dan bervariasi antara 1/4 – 1/2 kg. “Konsumen masih kaget dengan kenaikan harga kedua bumbu dapur tersebut mas,” terang Suleha.

Kepala Disperindag Kabupaten Bangkalan, Budi Utomo saat dihubungi lewat telepon selulernya. Mengatakan, kenaikan harga bawang putih dan merah itu karena kelangkaan semata dan petani belum panen secara keseluruhan. “Percayalah, nanti kalau sudah panen semuanya, harga bawang putih dan bawang Merah itu akan turun dengan sendirinya. Hukum pasar memang begitu,” pungkas mantan Camat Blega tersebut. (yan/min)

Email Autoresponder indonesia