Harga Bawang Putih Turun, Bawang Merah Naik

930 views

Harga Bawang Putih dan Merah belum stabil        |  Oleh : Aryan

Pedagang bawang Putih dan Bawang Merah, di pasar KLD belum bergairah-Foto : Sumaryanto/MC.com

Pedagang bawang Putih dan Bawang Merah, di pasar KLD belum bergairah-Foto : Sumaryanto/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Harga bawang putih yang sempat menembus Rp 70 ribu/kg kini mulai turun, sementara harga bawang merah masih terus melambung hingga mencapai Rp 50 ribu/kg-nya. Dari pantuan MC.com,  Minggu (17/03) di pasar tradisional Ki Lemah Duwur (KLD) jalan Halim Perdana Kusuma Bangkalan harga bawang putih dan bawang Merah blemum Stabil.

Saat ini harga bawang Putih turun dari harga Rp70 ribu/kg menjadi Rp 50 ribu/kg-nya. Sedangkan harga Bawang Merah naik dari Rp 40 ribu/kg naik menjadi Rp50 ribu/kg. “Walaupun harga bawang putih turun Rp 20 ribu dan harag Bawang Merah naik Rp 10 ribu, tapi respon konsumen datar-datar saja. Karena daya beli masyarakat masih rendah dan pembeli menilai harga itu masih terlalu mahal jika dibandingkan sebelum ada kenaikan,” kata pedagang rempah-rempah Soliha, warga Kelurahan Pangeranan Kecamatan / Kabupaten Bangkalan.

Menurutnya, sebelum ada kenaikan harga seperti sekarang ini dalam 1 harinya dia bisa menjual bawang putih  sampai 1 kwintal dan bawang merah bisa laku sampai 50 kg lebih. Namun semenjak ada kenaikan, harga sehari – harinya paling banter dagannya itu laku hanya cuma 5 kg. “Kecuali harga bawang merah dan bawang putih turun seperti harga sebelum ada kenaikan drastis, daya beli konsumen baru bisa normal kembali,” pungkas Soliha. (yan/min)

Email Autoresponder indonesia