Harga Buah-Buahan Naik 50 Persen Jelang Maulud Nabi Muhammad SAW

image

Pasar Buah Bangkalan

Bangkalan, maduracorner.com – Warga Bangkalan mulai mengeluhkan kenaikan harga buah-buahan menjelang peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW di pasar tradisional Ki Lemah Duwur (KLD) Bangkalan. Hari besar Islam ini memang jatuh pada tanggal 24 Desember 2015 nanti. Harga tersebut naik hingga 50 persen lebih!

Buah-buahan yang naik yaitu jeruk, semangka, apel, manggis dan buah naga serta komuditi buahan lainnya yang biasanya digunakan sebagai salah satu pelengkap suguhan pada peringatan maulud.

“Konsumen yang berasal dari warga kota Bangkalan mengeluh. Harga buah – buahan mulai naik sekitar 50 persen. Kita serba repot kalau dapat keluhan begitu karena harga kulakan juga naik,”terang salah satu penjual buah-buahan dipasar KLD Bangkalan, Hj. Marwah kepada maduracorner.com, sabtu, (19/12/2015).

Kenaikan ini memang sulit untuk dihindari. Karena selain terbatasnya kiriman buah -buahan dari Surabaya juga tidak lepas dari faktor musim hujan yang telah tiba. Sehingga para pedagang buah- buahan terpaksa juga ikut menaikan harga. Tidak hanya itu, kemungkinan naiknya harga buah akan terus melambung hingga selama bulan Maulud Nabi Muhammad SAW .

Bahkan bisa saja harga buah-buahan naik hingga 100 persen. “Harga buah apel besar dari Rp 65 ribu naik menjadi Rp 100 ribu/kg. Anggur merah dari Rp 45 ribu hari ini naik menjadi Rp 70 ribu/kg. Jeruk dari Rp 50 ribu menjadi Rp 80 ribu/kg. Buah manggis dari Rp12.500 naik menjadi Rp 20 ribu. Semangka dari Rp 5 ribu juga naik menjadi Rp 7.500/kg. Begitupun  harga buah naga dari Rp 8 ribu naik menjadi Rp 14 ribu/kg,”papar Hj. Marwah. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia