Harga Cabai Meroket Jelang Puasa

913 views

image

Petani Cabai

Sumenep, maduracorner.com – Harga cabai menjelang bulan puasa semakin meroket di pasaran. Sebelum harga cabai meroket para petani cabai di Desa Pragaan Daja, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, membiarkan cabainya tua dan sampai busuk di pohonnya.

Sebab, pada saat itu harganya sangat rendah. Harga cabai rawit saat ini mencapai Rp 20 sanpai Rp 25 ribu perkilogram. Padahal, sebelumnya harga cabai rawit hanya dipatok Rp 5 ribu rupiah perkilogram.

“Harga cabai saat ini semakin naik dari harga sebelumnya. Harga sebelumnya sangat tidak layak sekali, sehingga kami membiarkan tanaman cabai tidak dipanen,” kata Nafilah, salah satu petani cabai.

“Dulu hargaya hanya berkisaran antara Rp 5 ribu sampai 6 ribu saja persatu kelogramnya, kalau sekarang naik, akhirnya kami memanen tanaman cabai kami,” tambahnya.

Hal ini juga diakui oleh Sabirah salah satu pembeli cabai rawit. Ia menyatakan bahwa menjelang bulan puasa ini harga cabai ada kenaikan.

“Kalau dibandingkan dengan harga sebelumnya, jauh lebih mahal mas, dulu hanya berkisarah Rp 5 ribu sampai Rp 6 ribu perkilogramnya. Sekarang sudah berkisaran antara Rp 20 ribu, sampai Rp 25 ribu perkilogram,” ujarnya.

Penulis : Ari
Editor : Gebril

Email Autoresponder indonesia