Harga Cabe Rawit Melambung

985 views
image

Pedagang melayani pembeli cabe

Sampang, maduracorner.com – Naiknya harga daging di pasar tradisional di Kabupaten Sampang ternyata juga diikuti oleh naiknya beberapa komoditas, seperti  cabe rawit.

Dari pantuan MC, harga cabe rawit saat ini tembus di kisaran harga 60 ribu rupiah perkilogram. Sebelumnya, harga cabe berkisar belasan ribu hingga 20 ribu rupiah perkilogram. Naiknya harga cabe rawit ini memicu kelesuan daya beli masyarakat yang menyebabkan omzet pedagang menurun.

Menurut Qurratul Aini, penjual cabe di Pasar Srimangunan Sampang, sejak harga cabe naik daya beli konsumen menjadi berubah. Yang biasanya membeli kiloan beralih membeli seperempat dan eceran.

“Konsumen yang punya warung sekarang cuma beli setengah kilogram, tapi kalau ibu-ibu yang hanya untuk kebutuhan sehari-hari hanya beli 1000 sampai 2000. Kalau 2000 hanya dapat 11 biji cabe,” ujar Aini, Rabu (12/08/2015).

Namun tidak semua harga komoditas naik, bawang putih dalam beberapa bulan ini harganya masih stabil di kisaran 19 ribu hingga 20 ribu rupiah perkilogram. Sedangkan harga bawang merah turun. Semula harga bawang merah 20 ribu rupiah saat ini turun menjadi 14 ribu rupiah perkilogram.

“Stok bawang merah melimpah, apalagi wilayah Karang Penang sedang panen bawang merah jadi harganya turun,” pungkas Aini. (far/yung)

Penulis : S Umar Al Farouq
Editor : Buyung Pambudi

Email Autoresponder indonesia