Harga Daging Ayam Potong dan Daging Kembali Naik

439 views
Pedagang daging di Pasar Kilemah Duwur-Foto : Aryan/MC.com

Pedagang daging di Pasar Kilemah Duwur-Foto : Aryan/MC.com

Naik Rp 5 Ribu/kg | Oleh:Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan – harga daging ayam potong dan daging  di pasar tradisional Ki Lemah Duwur (KLD) Bangkalan kembali merangkak naik. Adanya kenaikan harga daging ini  membuat  ibu – ibu rumah tangga, penjual soto ayam dan bakso daging sapi di stand pusat makanan rakyat (pumara) di halaman parkir stadion gelora Bangkalan (SGB), mengeluh.

“Hanya berselang dua minggu dari kenaikan sebelumnya, harga ayam potong dan daging sapi kembali merangkak naik,” keluh Suratmi dari  Kampung Sattoan Kelurahan Pejagan Kecamatan Bangkalan, saat ditemui saat  membeli daging ayam potong dipasar KLD Bangkalan,Minggu, (24/5).
Keluhan serupa juga disampaikan Sumriyah, penjual bakso sapi di stand Pumara SGB. Dia mengaku keberatan dengan naiknya harga daging sapi yang berjarak hanya dua minggu saja, meski naiknya cuma Rp 5 ribu/kg. Namun dari hitung-hitungan ekonomi tetap rugi karena bisa menghabiskan daging sapi antara 4 – 5 kg/harinya.

“Meski hanya naik Rp.5 ribu/kg, tetap aja mengurangi laba karena untuk menaikkan harga bakso dari Rp.7 ribu menjadi Rp.7 ribu/ permangkoknya, takut dagangan menjadi sepi dan langganan pada lari,” ungkapnya.

Sementara itu,salah seorang pedagang daging sapi, Hj. Aminah mengatakan kenaikan harga daging sapi dan ayam potong hanya berselang dua minggu itu, lebih banyak disebabkan  oleh pasokan dari Surabaya yang terus dikurangi, serta  momentum menjelang bulan puasa  yang tinggal sebulan lagi.

“Kenaikan harga daging sapi dari Rp 95 ribu menjadi Rp.100 ribu/kg dan ayam potong dari Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu/ akibat pasokan dari Surabaya terus di kurangi juga karena menjelang bulan puasa yang tinggal sebulan lagi,”pungkasnya. (yan/shb)