Harga Daging Sapi Meroket, Penjual Bakso Menjerit

673 views

 

tampak penjual daging sapi di pasar tradisional. foto : aryan/mc.com

tampak penjual daging sapi di pasar tradisional. foto : aryan/mc.com

Kenaikan Harga Daging Sapi | Oleh : Aryan
Maduracorner.com,Bangkalan – Setelah harga daging ayam naik, kenaikan serupa juga disusul harga daging sapi. Tidak tanggung-tanggung, harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional merangsek dari harga semula Rp 75 ribu/kg-nya menjadi Rp 90 ribu/kg. Kenaikan harga daging sapi ini merupakan imbas langsung dari kenaikan harga BBM sejak pekan ketiga Juni lalu. Karena harga sapi ternak tidak mengalami perubahan.

“Hari ini harga daging sapi naik Rp 15 ribu. Sebelum kenaikan BBM, harganya masih berkisar Rp75 ribu/kg, kemudian naik menjadi Rp 80 ribu, berubah lagi menjadi Rp 85 ribu dan sekarang sudah tembus Rp 90 ribu/kg-nya,” ujar Hj. Maimunah di pasar tradisional K.L.Duwur Jalan Halim Perdana Kusuma Bangkalan, Selasa (2/7).

Efek domino dari kenaikan harga daging sapi ini berimbas kepada pedagang bakso. Untuk mensiasati tingginya bahan dasar yakni daging sapi, sejumlah penjual bakso terpaksa memperkecil volume barang yang mereka jual.

“Tidak mungkin saya menaikan harga bakso kepada pembeli. Yang bisa saya lakukan hanya mengecilkan sedikit ukuran baksonya saja,” keluh Sukirno.

Disisi lain, Kepala Disperindag Bangkalan, Nawawi saat dikonfirmasi mengaku kenaikan itu masih sebatas hal yang wajar. Naiknya harga daging sapi itu juga karena faktor meningkatkan biaya produksi dalam hal biaya transportasi sebagai imbas langsung kenaikan harga BBM.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia