Harga Hewan Qurban Mulai Menanjak

897 views

 

Tampak para penjual kambing dipasar hewan Tanah Merah. foto : aryan/mc.com

Tampak para penjual kambing dipasar hewan Tanah Merah. foto : aryan/mc.com

Dipicu Tingginya Permintaan | Oleh : Aryan dan Agus
Maduracorner.com,Bangkalan – Harga Kambing di pasar hewan kecamatan tanah Merak mulai naik. Kenaikan harga tersebut dinilai masih dini mengingat hari raya qurban yakni Idul Adha masih berselang 3 pekan lagi.

“Walaupun Idul Adha masil lama, tapi mulai hari ini harga kambing ukuran kecil maupun besar sudah merangkak naik,” ujar salah seorang penjual kambing, Munir dipasar hewan Tanah Merah Kecamatan TanahMerah, kepada MC.com, Sabtu, (21/9).

Dia membeberkan, untuk kambing paling kecil yang biasa dijual seharga Rp 200 ribu kini naik menjadi Rp.250 ribu/ ekor. Sementara ukuran sedang dari Rp.600 ribu naik menjadi Rp.700 ribu/ ekor dan paling besar (domba) dari Rp.1.100 ribu naik menjadi Rp.1.250/ekor.

Sedangkan untuk varian yang lain, harga kambing kecil yang normalnya berkisar Rp 700ribu sampai Rp 800ribu per ekor kini naik  menjadi Rp 1 juta s/d 1,1juta, sedangkan kambing ukuran sedang yang biasanya Rp 1juta sekerang berkisar 1,2juta s/d 1,3juta. Untuk kambing besar yang sebelumnya seharga Rp 1,3 juta naik menjadi  Rp 1,5 juta hingga 1,6 juta.

“Belum lagi kambing hasil kawin silang yang lebih dikenal dengan sebutan kambing super karena secara fisik memang bagus sekarang harganya sudah mencapai 2,2juta sampai 2,5 juta, padahal sebelumnya hanya 2juta,” ungkap Kamaluddin, pedagang lainnya.

“Kenaikan harga kambing sudah berlangsung sejak sepekan lalu. Dan tidak menutup kemungkinan harga kambing akan terus melambung hingga H-1 Hari Raya Idul Adha 1434 H.,” tambah kamaluddin.

Menanggapi kondisi itu, Kepala Pasar dan Hewan Tanah Merah, Abd.Wasyik mengatakan bahwa kenaikan harga kambing itu masih dalam batas kewajaran. Artinya, kondisi itu tidak lepas dari hukum pasar bahwa permintaan yang lebih besar dari pemasukan akan mengakibatkan naiknya nilai harga barang. Makanya bagi warga yang mengerti keadaan dan bisa membaca situasi dimana mendekati hari – hari besar Islam, suka atau tidak harga hewan korban pasti naik. Itu sebabnya banyak warga yang membeli lebih awal agar harganya tidak terlalu mahal.(yan-gus/krs)

Email Autoresponder indonesia