Harga Kambing Naik Hingga 10 Persen

861 views
tampak puluhan ekor kambing di pasar hewan kecamatan Blega. foto : aryan/mc.com

tampak puluhan ekor kambing di pasar hewan kecamatan Blega. foto : aryan/mc.com

Harga Kambing Naik | Oleh : Aryan
Maduracorner.com,Bangkalan – Harga kambing dipasar hewan Kecamatan Blega, naik antara 5 – 10 persen dalam 2 pekan terakhir. “Sudah hampir 2 minggu ini harga kambing naik mas. Kambing ukuran besar harganya dari Rp 900 ribu/ekor naik menjati Rp 1 juta. Kambing ukuran sedang dari Rp 700 ribu/ekor naik menjadi Rp 750 ribu/ ekornya dan terkecil yang biasa di pelihara petani dari Rp 200 ribu/ekor naik menjadi Rp 220 ribu/ekornya,”  ujar Hasan, salah seorang penjual kambing dari Desa Panjalinan Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan.

Dia berpendapat, naiknya harga kambing itu merupakan efek domino dari mahalnya harga sapi. Karena itu, sebagian masyarakat desa beralih untuk beternak kambing. Selain itu, meningkatnya angka permintaan juga menjadi faktor lain yang turut memicu naiknya harga kambing. Seperti mulai maraknya penjual gule dan sate kambing di kawasan arteri jalan nasional di Bangkalan, Madura.

“Mungkin itu salah satu faktor pemicunya hingga dalam 2 pekan terakhir ini harga seekor  kambing menjadi naik,” keluh Punidin.

Kepala Pasar Tradisional Kecamatan Blega, Achmad Ludfi juga membenarkan naiknya harga seekor kambing hingga mencapai 10 persen. “Sekarang ini harga-harga berbagai kebutuhan di pasar tradisional maupun di pasar hewan semakin sulit ditebak mas dan cenderung ikut-ikut latah,” pungkas Ludfi.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia