Harga Merpati Juara tingkat Kabupaten, dihargai Rp 10 Juta

2781 views

Merpati | oleh Sumaryanto

Harga Merpati Juara tingkat Kabupaten, dihargai Rp 10 Juta-Foto: Sumaryanto/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Harga seekor merpati yang menjadi juara I balap merpati tingkat kabupaten Bangkalan tembus angka Rp.10 juta, harga itu  jika dijual oleh pemiliknya. “Itu baru tingkat kabupaten, kalau juara I ditingkat prop.Jatim bisa laku hingga Rp. 100 juta dan juara I tingkat nasional antara Rp.200 juta- Rp. 300 juta,” terang salah seorang panitia lomba, Agus (35) kepada MC.com dilokasi lomba merpati tingkat kabupaten Bangkalan persawahan jalan Halim Perdana Kesuma Bangkalan, Sabtu (03/11/2012).

Menurut dia, lomba yang dilaksanakan kali ini diikuti sekitar 100 peserta, berasal dari komunitas penggemar burung merpati di 18 kecamatan kabupaten Bangkalan. Juga sebagai ajang uji coba dan persiapan menghadapi Lomba Bupati Cup 2012 yang bakal digelar dalam waktu dekat ini. Selanjutnya dalam waktu 2 minggu yang akan datang akan digelar Liga Jatim Merpati Cup 2012, diikuti 400 peserta dari komunitas pencita burung merpati seluruh kabupaten di pulau Madura dan kabupaten atau kota di Jawa Timur.

Dijelaskannya, lomba burung merpati di Bangkalan dilaksanakan secara profesional dan sesuai standart aturan yang telah ditetapkan dari pusat. Diantaranya, memakai fasilitas komputer dan kamera CCTV untuk menghindari adanya kecurangan dan untuk menjawab ketika ada protes dari peserta yang merasa tidak puas dengan memperlihatkan hasil rekaman CCTV di garis finish, selain itu juga dibantu alat Handy Talky (HT) yang berfungsi memberi aba- aba yang dipegang oleh 2 petugas, satu di tempat start dan satu di tempat finish. Hal ini Dimaksudkan untuk memberi ruang seluas – luasnya kepada para pecinta dan penghobby burung merpati yang cukup banyak di Bangkalan kearah yang positif. .

Sementara tehnik lomba yang dipakai dalam lomb atersebut adalah sistim gugur. Artinya, dalam satu kali lomba, terdiri dari 2 peserta. Setiap peserta diwakili 2 orang, yang satu bertugas untuk melepas burung jantan ditempat start dan satunya lagi berdiri diatas buntalan ban truck bekas yang dicat merah dan lawannya berdiri di ban bekas truck yang dicat putih ditempat finish, bertugas menggoyang – goyangkan merpati betina.

Digaris finish suadah ada 2 orang juri yang membawa bendera merah dan putih untuk menentukan burung merpati mana yang sampai lebih dulu. Sedangkan jarak yang harus ditempuh merpati jantan sampai kegaris finis sepanjang 1 km. Kemudian para pemenangnya diadu kembali hingga untuk memperbeutkan Juara I, II dan III. “Juara I nantinya akan mewakili kabupaten Bangkalan pada lomba di Liga Merpati Jatim 2012,” terang Agus. (yan/min).

Email Autoresponder indonesia