Harga Sembako Naik, Disperindag Sampang Anggap Wajar

635 views
Kantor Disperindag Kab Sampang

Kantor Disperindag Kab Sampang

Sampang,maduracorner.com – Harga kebutuhan bahan pokok (sembako) di Kabupaten Sampang dalam beberapa hari terakhir ini mengalami lonjakan. Hal ini merupakan imbas naiknya Bahan Bakar Minyak (BBM) membuat sejumlah.

Namun, rupanya gejala ini masih dinilai normal oleh Dinas Perdagangan Perisdustrian dan Pertambangan (Disperindagtam) Kabupaten Sampang. “Memang saat ini terjadi kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok. Akibat dari imbas naiknya bahan bakar. Namun kenaikan harga saat ini kita nilai wajar,”kata Kepala Disperindagtam Kab Sampang, Misdi kepada maduracorner.com, Jum’at (06/03/2015) siang.


Masih menurut Misdi, naiknya harga sembako tidak terlalu membuat masyarakat resah. Menurutnya, masyarakat tampak lebih siap dan memahami kondisi tersebut. Hal ini berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh Disperindagtam di lapangan.
 
“Karena masyarakat sudah terbiasa dengan harga sembako yang bersifat fluktuatif. Kenaikan pun masih tahap wajar. Berada pada kisaran 10 persen,”tambahnya.

Dari pantuan di beberapa pasar tradisional di Sampang, kenaikan harga sembako terjadi pada beberapa komiditi. Seperti halnya telur yang saat ini sudah mencapai Rp 19 ribu per kilo gram, cabai rawit Rp 40 ribu maupun bawang merah Rp 25 ribu per kilo gram. Sementara beras rata-rata naik Rp 1.000 untuk semua jenis.

Meski kenaikan dinilai wajar, Disperindagtam Sampang akan terus melakukan pemantuan kenaikan harga sembako. “Apabila nantinya ditemukan kenaikan yang mencolok atau tidak wajar, tentu akan dicarikan solusinya”,pungkas Misdi. (son/mad)

Penulis: S Umar Al Farouq
Editor: Mamad el Shaarawy