Harga Tembakau Anjlok, Petani Sampang Resah

765 views

Harga Tembakau Anjlok, Petani Sampang Resah-Foto: Arie Widianto/MC.com

Maduracorner.com,Sampang- para petani tembakau di kabupaten Sampang Madura Jawa Timur resah. Pasalnya harga tembakau di pasaran Anjlok. Anjloknya harga tembakau tersebut  akibat adanya permainan pedagang yang berdalih gudang tembakau tidak membeli tembakau petani.

Meskipun kualitas daun tembakau di kabupaten Sampang saat ini sedang bagus, namun harga tembakau justru anjlok di pasaran. anjloknya harga tembakau disebabkan permainan di tingkat pedagang yang beralasan gudang tidak lagi membeli tembakau petani karena masih memiliki banyak persediaan di dalam gudang. Akibat spekulasi seperti ini, para  petani ramai-ramai menjual daun tembakau meski dengan harga murah.

Salah seorang petani tembakau, Zainiyah, harga tembakau saat ini sangat murah. “Murah sekali harga tembakau sekarang pak,  katanya gudang tembakau tidak lagi membeli, jadi pedagang yang membeli tembakau saya ini pakai uang sendiri jadinya harga tembakau anjlok,” kata Zainiyah.

Dijelaskan zainiyah, pada tahun lalu tembakau miliknya dijual dengan harga Rp 8 juta, namun sekarang tembakau milikny aitu hanya dijual dengan harga Rp 2,8 juta. “Ya jelas rugi pak,” kata Zainiyah dengan nada lirih.

Kini para Petani tembakau di kabupaten sampang  hanya bisa pasrah,  daun tembakau yang susah payah mereka tanam dengan harapan dijual dengan harga mahal, namun pada kenyataanya semua itu hanya tinggal mimpi di siang hari, para  petani berharap adanya intervensi dari pemerintah untuk menentukan harga tembakau agar harga tidak dipermainkan oleh pedagang besar. (ari/min)

Email Autoresponder indonesia