Hari Ini, 49 Calon Relawan Demokrasi Jalani Tes Tulis

1159 views
KPU

KPU

KPU Hanya Luluskan 25 Rangking Teratas | oleh : krism

Maduracorner.com, Bangkalan – Sebanyak 49 calon anggota relawan demokrasi akan menjalani uji kompetensi di sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bangkalan, Selasa (3/12) hari ini. Uji kompetensi berupa tes tertulis ini direncanakan dimulai sekitar pukul 10.00 wib hingga pukul 12.00.

Kepastian itu diungkapkan komisioner KPU ketua pokja sosialisasi, Syaiful Ismail, SH, Senin (2/12) siang kemarin.

“Sesuai jadwal yang telah ditetapkan KPU kabupaten Bangkalan melalui keputusan nomor 373/KPU.kab/014.329656/XI/2013 tentang rekrutmen Relawan Demokrasi. Sebanyak 49 pelamar akan melakukan uji kompetensi mulai hari ini (3/12). Tanpa terkecuali,” tegas Syaiful.

Selanjutnya, untuk besok lusa, mereka juga masih diuji kapabilitasnya melalui interview langsung (tes wawancara). Menurut Syaiful, uji kompetensi ini penting untuk mengetahui sejauh mana abiliti para peserta. Terlebih, puluhan peserta ini akan diklasifikasi berdasarkan segmen yang paling mendekati. Mulai dari segmen keagamaan, perempuan, pemilih pemula, disabilitas (penyandang cacat) serta segmen masyarakat pinggiran (nelayan/petani pelosok).

“Apa mereka benar-benar mengetahui dan aktif sesuai kapasitasnya dalam suatu segmen/komunitas. Sekaligus untuk memastikan bahwa mereka punya kesiapan wawasan tentang pemilu, sehingga tidak ada kendala ketika mereka diterjunkan langsung melakukan sosialisasi,” imbuh Syaiful.

Dia kemudian menambahkan, dari puluhan peminat yang mengikuti proses seleksi, KPU hanya akan meluluskan 25 orang dari 5 segmen yang dibutuhkan.

“Dan itupun tidak harus merata untuk setiap segmen. Yang perlu dicatat, kita (KPU) hanya akan meluluskan mereka yang menempati 25 rangking teratas,” pungkas Syaiful.(krs)

Email Autoresponder indonesia