Hari Terakhir Perbaikan Data Bacaleg, KPU Sumenep Baru Terima Berkas dari Lima Partai

Petugas KPU Sumenep menunggu pengambalian berkas perbaikan bacaleg dari parpol peserta pemilu 2019. (FOTO: Sai)

SUMENEP MADURACORNER.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep baru menerima berkas perbaikan bakal calon legislatif (Bacaleg) dari lima partai politik (Parpol) peserta pemilihan umum (Pemilu) 2019.

“Hari ini terakhir penyerahan berkas perbaikan. Kami akan menunggu hinggal pukul 00.00 WIB,” terang Komisioner KPU Sumenep, Malik Mustofa, Selasa (31/7/2018).

Menurutnya hingga pukul 15.30 sore tadi, kelima parpol yang telah menyerahkan berkas perbaikan data bacaleg itu di antaranya Partai Demokrat, Golkar, PBB dan PKPI.

“Jumlah partai peserta pemilu 2019 sebanyak 16 parpol. Jadi, ada 11 parpol yang belum menyerahkan berkas perbaikan,” imbuhnya.

Malik menjelaskan, jika 11 parpol tersebut belum juga menyerahkan berkas perbaikan hingga batas waktu yang ditentukan, dipastikan bacaleg yang didaftarkan tidak bisa mengikuti pemilu 2019.

“KPU tidak akan memperpanjang masa perbaikan, karena tahapan sudah final,” tegasnya.

Setelah proses perbaikan berkas bacaleg sambung Malik, tahapan berikutnya adalah verifikasi sebelum merumuskan dan menetapkan daftar caleg sementara (DCS).

“Tahapan verifikasi perbaikan akan dilakukan mulai 1-7 Agustus 2018,” ucapnya.

Malik menambahkan, berkas bacaleg yang baru diperbaiki itu rata-rata masalah kelengkapan ijazah. Mayoritas ijazah para bacaleg tersebut, tidak dilegalisir dan hasil scaner.

“Yang kami minta adalah stempel basah,” ungkapnya.

Selain itu tutur Malik, sebagian bacaleg saat menyerahkan berkas ke KPU tidak melaporkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani, dan juga tidak melaporkan keterangan dari Pengadilan Negeri (PN).

“Nah, sekarang berkas itu harus dipenuhi semua,” tandasnya.

Sebagai informasi, jumlah bacaleg dari 16 parpol peserta pemilu 2019 yang mendaftar ke KPU Sumenep mencapai 617 orang yang terdiri dari 361 laki-laki dan 256 perempuan. (*)

Penulis: Sai

Editor: Riyan Mahesa

Email Autoresponder indonesia