Harus Tau, Perbedaan Tarif Parkir di Kabupaten Bangkalan Yang Tercantum dalam Perda.

Maduracorner.com, Bangkalan – Tarif parkir menjadi permasalahan tersendiri bagi masyarakat di Kabupaten Bangkalan, banyak yang seringkali berdebat dengan petugas parkir lantaran harga yang berbeda beda.

Menjawab permasalahan tersebut Kepala Seksi lalu lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Bangkalan, Madura, Ariek Moein, menerangkan tentang tarif parkir yang sesuai dengan peraturan daerah (Perda).

“Jadi parkir itu sudah diatur semua dalam perda” ucapnya saat dikonfirmasi, Selasa (08/10/2019).

Untuk tarif parkir sendiri dirinya menjelaskan sesuai dengan perda nomor 9 tahun 2010, tarif parkir tepi jalan umum untuk sepeda motor sebesar Rp. 1000, untuk roda 4 seperti sedan, pickup dan kendaraan kecil lain sebesar Rp. 1.500, untuk roda 4 jenis truk dan bis sebesar Rp. 3000, Dan untuk truck Gandeng atau sejenisnya sebesar Rp. 4000.

Sedangkan untuk tempat parkir khusus seperti di RSUD sesuai dengan perda nomor 10 tahun 2010, untuk roda 2 sebesar Rp. 1000/ 6 jam, Kendaraan Roda 4 kecil Rp. 2000/ 6 jam, Kendaraan roda 4 besar Rp. 3000/ 6 jam, dan untuk untuk truck gandeng atau sejenisnya Rp. 4000/ 6 jam.

“Tarif ini sudah sesuai dengan perda kabupaten Bangkalan” Jelasnya.

Sementara itu untuk lahan parkir di luar badan jalan atau parkir milik lahan sendiri dan dikelola oleh orang yang mempunyai lahan tersebut diatur dalam perda nomor 8 tahun 2010 tentang pajak daerah.

Dalam perda untuk lahan parkir milik perseorangan tidak disebutkan nominal tarif parkir yang harus dibayar, namun hasil dari retribusi parkir sebesar 30 persen merupakan pajak parkir yang harus diserahkan kepada daerah, dan sudah diserahkan wewanaangnya kepada Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Bangkalan oleh pihak Dishub Bangkalan.

“Jadi kalau untuk parkir milik lahan sendiri tidak ditentukan nominal parkirnya, terserah para pengelola untuk menetukan tarif parkir, dan jenis parkir ini sudah dikelola oleh dispenda” pungkasnya. (My)