Hasil Tangkap Nelayan Klampis Kembali Normal

632 views

Pasca Paceklik Cuaca Ekstrem | Oleh : Aryan

tampak para istri nelayan menjajakan ikan hasil tangkapan suaminya. foto:aryan/mc.com

tampak para istri nelayan menjajakan ikan hasil tangkapan suaminya. foto:aryan/mc.com

IMG-20130109-00298

Maduracorner.com,Bangkalan – Setelah sekian lama paceklik menyusul cuaca ekstrem yang menyertai musim hujan, kini kondisi perekonomian para nelayan kecamatan Klampis mulai membaik. Indikasi itu dilihat dari mulai melimpahnya ikan hasil tangkapan nelayan, seperti yang ditunjukkan para penjaja ikan segar didepan pasar tradisional kecamatan Klampis.

“Alhamdulillah mas, sejak 3 hari yang lalu tangkapan ikan suami saya sudah kembali normal dan hasilnya lumayan banyak,”ujar Kiptiyah kepada MC.com, Kamis, (4/3).

Dia menuturkan, dibanding jauh hari sebelumnya, terutama sejak awal musim penghujan ikan hasil tangkapan suaminya tak seberapa. Andaikanpun dapat, ukuran kecil – kecil. Bahkan seringkali suaminya mengeluh karena pengeluaran membeli BBM perahu motornya tidak sebanding dengan hasil ikan yang didapat.

Untuk memenuhi kebutuhan dapurnya, tak jarang mereka harus ngutang ke tetangga. Atau terpaksa menggadaikan emas atau sepeda motor ke pegadaian setempat.

Namun sekarang dia bersyukur, karena ikan hasil tangkapan suaminya mulai melimpah. Tak hanya untuk membayar hutang, hasil melaut suaminya itu juga bisa dia sisihkan untuk biaya sekolah anak-anak mereka.

“Kalau tangkapan ikan suami saya banyak dan berukuran panjang antara 20 – 35 cm, sehari saya bisa bawa pulang uang Rp 300 ribu hingga Rp 400ribu.Sebagian disisihkan untuk biaya anak-anak sekolah dan sebagian lagi untuk bayar utang,” terang Kiptiyah.

Membaiknya kondisi nelayan Klampis ini juga diakui oleh Mohammad Gufron , Camat setempat. Mantan camat Galis ini juga berharap cuaca ekstrem di laut reda menjelang  pergantian iklim dari musim hujan ke musim panas. Sehingga tangkapan komunitas nelayan Klampis ini semakin membaik.(yan/krs) 

Email Autoresponder indonesia