Hendak Mengantar Nenek Berobat ke Sumenep, Annisa Melahirkan di Atas Kapal

Bayi mungil nan cantik berjenis kelamin perempuan yang lahir dengan selamat di di kapal perintis Sabuk Nusantara 115. (FOTO: Sai)

SUMENEP, MADURACORNER.COM-
Annisa (23) tidak pernah berpikir akan menjalani persalinan di atas kapal penyeberangan. Tapi, itulah yang terjadi di kapal perintis Sabuk Nusantara 115, Jumat (14/12/2018) dini hari.

Warga Desa Laut Jangjang, Kecamatan Arjasa Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep itu, melahirkan seorang bayi perempuan mungil nan cantik dalam pelayaran dari Pelabuhan Batu Guluk menuju Pelabuhan Kalianget.

Annisa memang sedang hamil tua, namun ia tidak menyangka bakal melahirkan secepat itu. Apalagi, memang tidak merasakan tanda-tanda akan melahirkan sebelum menempuh perjalanan selama lima jam tersebut.

Di tengah pelayaran, Annisa yang tiba-tiba merasakan sakit perut itu mengejutkan para penumpang lainnya. Beruntung, ada dua orang yang bertugas di salah satu puskesmas dan seorang bidan menjadi penumpang kapal perintis tersebut.

Pada saat itu juga, Annisa dievakuasi ke ruang medis yang tersedia di dalam kapal. Hasil dari pemeriksaan, rupanya Annisa hendak melahirkan dan memasuki pembukaan enam.

Satu jam kemudian, berkat pertolongan tenaga medis Annisa melahirkan anak pertamanya dengan selamat. Pihak kapal perintas langsung memberikan surat keterangan lahir di atas kapal Sabuk Nusantara 115.

“Proses persalinannya cepat, kebetulan di kapal ada dua orang kesehatan yang membantu proses persalinan,” kata Kapten Sabuk Nuantara 115 Budi Hermawan. (*)

Penulis: Sai

Editor: Riyan Mahesa