Hosen Terbukti Melanggar UU ITE, Ini vonisnya

1344 views

Bangkalan, Maduracorner.com, Terbukti melanggar Undang-Undang (UU) ITE pasal 43  ayat 3 . M. Hosen divonis  satu bulan penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Pada Selasa (30/6/2020).

Majelis Hakim PN Bangkalan yang diketuai oleh  M. Baginda Rajoko Harahap, menjelaskan terdakwa M. Hosen telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan, dan mentransmisikan data informasi elektronik atau dokumentasi data elektronik yang memiliki muatan penghinaan atau pencemaran nama baik.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa M. Hosen dengan pidana penjara selama 1 bulan, memerintahkan terdakwa untuk ditahan. Menetapkan barang bukti  berupa 3 lembar Screenshot dan Facebook atas nama Hosen serta dan Samsung S7 dan  Vivo v15. Dan membayar biaya perkara sebesar rp5.000,” ujarnya saat membacakan putusan di Pengadilan Negeri Bangkalan.

Sementara itu, Choirul Arifin Kasipidum Kejaksaan Negeri Bangkalan menjelaskan terkait putusan dari majelis hakim atas terdakwa M. Hosen melanggar UU ITE dan dijatuhi pidana selama satu bulan. Atas putusan tersebut dari masing-masing pihak jaksa penuntut umum (JPU) dan terdakwa diberi kesempatan waktu tujuh hari untuk banding atau tidak.

“Kami selaku JPU masih pikir-pikir dulu atas putusan selama 1 bulan penjara. Kami kemarin menuntut terdakwa 6 bulan, sedangkan putusannya 1 bulan, tidak menutup kemungkinan juga kita akan melakukan upaya hukum yaitu banding, kemungkinan juga,” ujarnya.

Menanggapi hal itu Moh. Hosen mengatakan, masih kami koordinasi dengan kuasa hukumnya, jika nanti ada putusan yang tidak sesuai dengan harapannya akan melakukan banding.

“Kita akan rapat dengan lawyer. Jika putusannya tidak sesuai dengan harapan saya, maka akan melakukan banding,” jelasnya.

Sebelumnya diketahui, permasalahan pencemaran nama baik itu dilakukan oleh M. Hosen terhadap Dr. Farhat Suryaningrat yang ditulis di status Facebook dianggap merugikan nama baik wakil direktur RSUD Syamrabu kabupaten Bangkalan. (ris).

Email Autoresponder indonesia