Hotel Ningrat Bangkalan yang Bernuansa Etnik

955 views
FO Hotel Ningrat Bangkalan

FO Hotel Ningrat Bangkalan

Bangkalan,Maduracorner.com – Saya memiliki minat terhadap seni dan tradisi salah satunya terhadap arsitektur dan gaya tampilan dari sebuah bangunan. Kebetulan saya ada kesempatan menginap di Hotel Ningrat yang berada di Jln K.H.Moch.Kholil no 113 Bangkalan Madura yang sangt bernuansa etnis.

Dahulunya Hotel Ningrat adalah rumah kediaman amtenar perkebunan yang dibangun pada jaman Belanda. Ciri bangunan Belanda masih melekat kuat dengan tembok yang tebal, langit-langit yang tinggi, ada berandanya dan ada ruang-ruang yang terpisah dari rumah induk di bagian belakang rumah ini. Setelah dijadikan hotel, bangunan rumah aslinya ditambah di bagian samping dan belakang terutama untuk dapat menambah jumlah kamar yang ada, karena bangunan aslinya hanya tersedia dua kamar besar tetapi penambahan dan renovasi itu tidak menghilangkan ciri utama rumah belanda.

Kini, saya dapat merasakan tinggal di rumah jaman baheula dengan nuansa etnik Madura yang kental. Perabotnya berukir dan berwarna has Madura dengan dominasi warna coklat tua, kuning, merah dan sedikit hijau pada ukiran bermotif bunga.

Pintu Masuk Ruang Utama yang Etnik sekali

Pintu Masuk Ruang Utama yang Etnik sekali

 

Kamarpun di Hotel Ningrat Bangkalan ini Bernuansa Etnik Madura

Kamarpun di Hotel Ningrat Bangkalan ini
Bernuansa Etnik Madura

 

Ruang Belakang Hotel Ningrat Bangkalan yang mengingatkan akan ruang bagian belakang rumah jaman dahulu

Ruang Belakang Hotel Ningrat Bangkalan
yang mengingatkan akan ruang bagian belakang rumah
jaman dahulu

 

madura1

 

SANYO DIGITAL CAMERA

 

SANYO DIGITAL CAMERA

Sumber : Didi Sadili’s Blog dan Sumber yang lain

Email Autoresponder indonesia