HPN 2019, Ratusan Masyarakat Bangkalan Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo ketika berinteraksi dengan masyarakat Bangkalan di stan pemeriksaan kesehatan. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM– Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019, diwarnai dengan acara bakti sosial di Pendapa II Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Kamis (31/1/2019). Sebanyak, 900 warga setempat mendapat layanan kesehatan gratis.

Pemeriksaan kesehatan tersebut, melibatkan rumah sakit yang belokasi di Surabaya. Sebut saja, RSUD dr Soetomo, RS PHC, RS Menur, RS Mata, dan RS Paru.

Selain itu, RSUD Syamrabu Bangkalan, RSUD Moch Noer Pamekasan, dan RSUD Sumberglagah Mojokerto. Semua rumah sakit yang dilibatkan dibawah naungan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Cek kesehatan gratis yang ditangani para dokter profesional tersebut meliputi, pemeriksaan penyakit dalam, tes kepikunan, konsultasi gizi asam urat, skrining mata, donor darah, dan pemeriksaan jantung.

Disamping itu, ratusan warga Bangkalan yang mengikuti pemeriksaan kesehatan juga mendapat obat-obatan, dan bingkisan sembako.

“Bakti sosial yang dimotori Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ini dilaksanakan dengan hati, bukan atas perintah gubernur maupun bupati,” jelas Gubernur Jawa Timur, Soekarwo ketika memberikan sambutan.

Menurutnya, kehadiran PWI Pusat dan PWI Jawa Timur untuk berbuat kebaikan di tengah-tengah masyarakat, khususnya di bidang kesehatan. Kualitas kesehatan menjadi kunci utama untuk mendidik, dan menciptakan masyarakat yang hebat dengan kualitas unggul.

“Setelah kesehatan, kemudian pendidikan yang harus dilakukan. Keduanya, tidak boleh ditinggalkan dan harus menjadi skala prioritas,” ucap Pakde Karwo sapaan akrabnya.

Sementara itu, Ketua Umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari menyampaikan, bakti sosial dalam rangka HPN 2019 merupakan kado spesial untuk masyarakat Kabupaten Bangkalan. Utamanya, sebagai bentuk kepedulian insan pers terhadap kondisi kesehatan masyarakat.

“Semoga kado yang kami persembahkan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Bupati Bangkalan, RK Abdul Latif Amin Imron menambahkan, HPN 2019 adalah momentum untuk mendekatkan masyarakat dengan kalangan pers. Dan menjadikan Kabupaten Bangkalan, sebagai tuan rumah merupakan suatu kebanggaan.

“Terimakasih kami ucapkan, karena telah memilih Kabupaten Bangkalan sebagai tempat kegiatan bakti sosial,” ucap Latif di Pendapa II Kabupaten Bangkalan. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad

Email Autoresponder indonesia