Hujan Deras, Kecamatan Arosbaya dan Blega Terendam Banjir

2658 views

Anggota Polsek Arosbaya mendorong motor warga yang mogok akibat kemasukan air. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM– Hujan deras melanda wilayah Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, selama dua hari berturut-turut. Tingginya curah hujan tersebut, mengakibatkan dua kecamatan terendam banjir.

“Kecamatan Arosbaya dan Blega yang terendam banjir,” terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan, Rizal Moris, Senin (28/1/2019).

Menurutnya, di Kecamatan Arosbaya sebanyak 600 kepala keluarga (KK) terdampak bencana alam itu. Mereka tersebar di delapan dusun yang terletak di Desa Arosbaya, dan Desa Buduran.

“Kerugian yang ditimbulkan, hewan peliharaan warga ada yang terbawa arus sungai,” ucap Rizal.

Dia memaparkan, penyebab bencana banjir tersebut karena luapan sungai tambangan di Kecamatan Arosbaya yang tidak mampu menampung kiriman air dari Kecamatan Geger.

“Ketinggian air 50 sentimeter hingga 1 meter,” ungkapnya.

Rizal menambahkan, sedangkan di Kecamatan Blega terdapat delapan dusun yang terdampak bencana tahunan tersebut. Genangan air, juga membuat arus lalu lintas di jalan provinsi sepanjang 1 kilometer itu tersendat.

“Bencana banjir di dua kecamatan ini, tidak sampai menimbulkan korban jiwa,” paparnya.

Tindakan yang dilakukan sambung Rizal, Tim reaksi cepat (TRC) BPBD Bangkalan diterjunkan ke lokasi banjir di dua kecamatan itu. Masing-masing polsek dan koramil juga ikut membantu mengatur lalu lintas di jalur yang terdampak banjir.

“Normalisasi drainase, menjadi kebutuhan paling mendesak untuk mengatasi banjir,” kata Kepala BPBD Bangkalan, Rizal Moris. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad

Email Autoresponder indonesia