Hujan Disertai Angin Kencang Picu Pohon Tumbang dan Atap Toko Ambruk

Petugas BPBD Sumenep dibantu kepolisian memotong pohon tumbang yang melintang di tengah jalan. (FOTO: Sai)

SUMENEP, MADURACORNER.COM-
Hujan deras disertai angin kencang membuat beberapa pohon di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tumbang. Bahkan, sebuah atap pertokoan juga ambruk dan ruas jalan di sejumlah lokasi tergenang air.

Pohon tumbang yang menutup akses jalan protokol, terjadi di Jalan Urip Sumoharjo, KH. Agus Salim, KH. Mansyur, Desa Pamolokan, Desa Pangarangan dan Perumahan Satelit. Insiden ini mengakibatkan seorang warga menderita luka.

Sedangkan, atap pertokoan yang ambruk dan menimpa delapan motor berlokasi di Jalan Adi Rasa, Desa Kolor Kecamatan Kota Sumenep. Sementara ruas jalan yang digenangi air antara lain, Jalan Agus Salim, Jalan Sludang, Jalan Urib Raharjo.

“Hujan deras dan angin kencang tiba-tiba membuat Toko D & R ambruk menimpa sebanyak 8 motor yang diparkir,” kata saksi mata Rifae, Rabu (13/3/2019).

Kepala Badan Penanggungalangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Abd. Rahman menyebut pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang terjadi di empat titik. BPBD bersama kepolisian membersihkan reruntuhan pohon yang melintang di tengah jalan.

“Kami memangkas dahan pohon di pinggir jalan. Khususnya, yang sudah tua untuk mengantisipasi kejadian serupa,” jelasnya.

BPBD mengimbau kepada masyarakat agar selalu mewaspada ketika terjadi hujan deras disertai angin kencang. Sebab, hingga saat ini intensitas hujan dan angin kencang masih sangat tinggi dan kerap melanda wilayah Kabupaten Sumenep.

“Tetap waspada, biar tidak ada korban lagi yang terkena pohon tumbang,” pesan Rahman. (*)

Penulis: Sai

Editor: Riyan Mahesa