Human Error, Penyebab Tertinggi Kasus Laka di Bangkalan

912 views
image

Barang bukti sepeda motor

Bangkalan,maduracorner.com – Berdasarkan data Unit Laka Satuan Lalu Lintas Polres Bangkalan, puluhan orang sudah merenggang nyawa di jalanan akibat kecelakaan. Kasus ini menyebar di beberapa titik rawan. Diantaranya, jalan akses Suramadu hingga jalur wilayah Bangkalan Timur. Mulai dari Kecamatan Tanah hingga Kecamatan Blega.

Kanit Laka Lantas Polres setempat, Ipda Puji Purnomo mengungkapkan, penyebab tingginya peristiwa kecelakaan karena faktor manusia (human error). Yaitu kurangnya kewaspadaan dan kesadaran para pengendara saat mengemudi di jalanan. Terutama, tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta tidak menjaga jarak aman.

“Kecelakaan lalu lintas itu selalu diawali oleh pelanggaran. Seringkali pengendara hanya patuh terhadap peraturan ketiga ada petugas saja,”ungkap Ipda Puji Purnomo kepada maduracorner.com, jumat (8/5/2015) pagi.

Menurutnya, apabila pengendara memiliki kesadaran tinggi dengan tertib berlalu lintas kemungkinan besar kecelakaan dapat diminimalisir. Namun demikian, pihaknya selalu berupaya menekan terjadinya kecelakaan dengan memasang papan peringatan serta melakukan patroli rutin di daerah- daerah rawan kecelakaan.

“Polisi hanya berupaya mencegah dan mengingatkan pengedara. Tapi kuncinya tetap pada kesadaraan berlalu lintas para pengendara sendiri”,cetusnya.

Dari data yang ada, sebanyak 71 kasus kecelakaan lalu lintas terjadi di wilayah hukum Bangkalan dalam 4 bulan terakhir di tahun 2015 ini. Dari jumlah tersebut, 34 pengendara tewas di jalan raya dan 34 mengalami luka berat serta 70 orang menderita luka ringan. Para korban rata-rata adalah pengendara sepeda motor. (her/mad)

Penulis: Heryanto
Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia