Idul Adha, Hari Raya Besar Bagi Masyarakat Madura

695 views

Ilustrasi

Maduracorner.com, Bangkalan – Sebagaimana umat Islam pada umumnya, masyarakat Madura juga merayakan Idul Adha hari ini. Bagi masyarakat Madura, Idul Adha dianggap sebagai hari raya terbesar. Salah satu alasannya, Iedul Adha merupakan momen berbagi daging qurban bagi sesama.

Seperti halnya yang nampak di kampung Manggisan, desa Langkap, kecamatan Burneh, Bangkalan, Madura, Jumat (26/10). Ratusan warga berkumpul di lapangan setempat guna menunggu penyembelihan hewan qurban berupa 21 sapi serta 22 kambing.

Puluhan hewan qurban tersebut milik warga setempat. Lalu dikumpulkan untuk dilakukan penyembelihan secara bersama-sama yang dikoordinir oleh salah satu ormas Islam di kampung tersebut.

Hari raya Idul Adha memang sangat semarak dirayakan masyarakat Madura hingga saat ini. Dan penyembelihan puluhan hewan qurban seperti inilah yang menjadi salah satu alasannya.

Hal tersebut dikarenakan saat penyembelihan hewan qurban menjadi momen berkumpul bagi warga termasuk orang Madura perantauan. Mereka rela mudik sejenak ke kampung halaman di Madura untuk merayakan Idul Adha. Baik yang kaya maupun yang miskin, semua berkumpul bersama menjadi satu.

Lalu secara gotong royong, mereka menyembelih, membagi dan membersihkan daging hewan qurban ini tanpa melihat strata sosialnya. Fenomena sosial yang mengagumkan dari sebuah momen keagamaan.

Hewan – hewan qurban tersebut menjadi salah satu simbol keikhlasan umat untuk berkorban bagi agamanya, terutama sekali berbagi daging qurban untuk sesama.

“Hari ini merupakan hari yang paling besar, Karena hari ini memang melibatkan seluruh lapisan masyarakat”, kata salah seorang panitia penyembelihan hewan qurban, Moh Affandi,

Dikataka Affandi, Yang kaya menyumbangkan hewan qurban. Sementara yang tidak mampu menunggu momen pembagian daging qurban.

Daging hewan qurban ini kemudian dipilah dan dibagi secara rata bagi masyarkat sekitar tanpa terkecuali.
Selain karena momen menyembelih hewan qurban, Idul Adha dianggap sebagai hari raya terbesar karena bersamaan dengan waktu berhaji bagi umat Islam ke Baitullah di Kota Mekah (mad/min)

Email Autoresponder indonesia