Idul Adha, SMPN-2 Bangkalan Berqurban Satu Ekor Sapi dan Dua Ekor Kambing

Ajari Siswa terbiasa untuk Sodhakoh    |   Oleh : A.Shohib

Kepala SMPN-2 Bangkalan, edy Hariyadi-foto : dokumen/MC.com

Kepala SMPN-2 Bangkalan, edy Hariyadi-foto : dokumen/MC.com

 

 

Maduracorner.com,Bangkalan– banyak cara untuk mengajari siswa-siswi terbiasa mengeluarkan sodhakoh, seperti mengumpulkan uang untuk pembelian hewan qurban. “Hasil uang yang dikumpulkan dari siswa yang langsung dikoordinir oleh OSIS bisa membeli 1 ekor sapi yang akan dijadikan qurban pada hari raya qurban besok,” kata  Kepala SMPN-2 Bangkalan, Edy Haryadi, Senin (14/10).

Dijelaskan dia, siwa yang akan menyumbang untuk pembelain hewan qurban ini tidak di target. Artinya siswa bebas mau memberikan sumbangan berapa. “Uang sumbangan dari siswa itu di masukkan ke dalam amplop tertutup. Jadi kita tidak tahu siswa A nyumbang berapa dan siswa B berapa ?,” jelas Edy Haryadi.

Lebih lanjut Edy Hariyadi menjelaskan, hasil sumbangan yang terkumpul dari siswa itu tiap kelas nominalnya tidak sama. “Ya nagk sama ada per kelas itu dapat Rp 950 ribu ada yang dapat Rp 350 ribu. Jadi uang yang dikumpulkan perkelas itu kemudain kit abelikan sapi untuk hewan qurban,” tuturnya.

Karena siswa sudah berhasil membeli satu ekor sapi untuk qurban, para guru yang mengajar di SMPN-2 ini juga tidak ketinggalan, mereka mengumpulkan uang dan hasil uang yang dikumpulkan daripara guru ini dapat dua ekor kambing. “Alhamdulilla hewan qurabn di sini 1 ekor sapid an 2 kambing, nanti  hewan qurban itu disembelih di SMPN 2  dan daging korban diberikan kepada kalangan siswa yang tidak mampu dan di sebarkan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar sekolah,” pungkas Edy Hariyadi (min).

Email Autoresponder indonesia