Incumbent Bukan Jaminan Lolos Seleksi KI

983 views
image

Para Pendaftar Menyerahkan Berkas ke Sekretariat Timsel KI

Bangkalan,maduracorner.com – Tim Seleksi (Timsel) calon anggota Komisi Informasi (KI) Kabupaten Bangkalan menegaskan, bahwa tidak ada jaminan lolos seleksi bagi para incumbent Komisioner KI. Sebab, semua peserta memiliki kesempatan yang sama yakni harus memenuhi semua persyaratan administrasi untuk lolos ketahapan berikutnya.

Sekretaris Tim Fasilitasi Tim Seleksi KI, Taufikurrahman menegaskan, kebijakan ini sebagai bentuk netralitas dan independensi Timsel dalam menyaring semua peserta.  “Timsel selalu mengedepankan aturan formal dalam menentukan layak atau tidaknya peserta selama proses seleksi berlangsung. Integritas, kematangan pribadi, kepemimpinan dan komitmen menjadi poin dalam penilaian”,tegas Taufik.

“Maka kami tegaskan, incumbent belum tentu lolos. Karena semua peserta memiliki kesempatan yang sama. Bisa jadi peserta yang baru mengikuti seleksi namun memiliki kemampuan yang melebihi incumbent,”tambahnya.

Taufik juga menjelaskan, Timsel hanya menentukan 10 atau 15 peserta terbaik dari jumlah keseluruhan yang mengkuti proses seleksi. Setelah itu akan diberikan kepada Bupati Bangkalan agar dibuatkan surat rekomendasi ke DPRD. Hal ini untuk proses penjaringan melalui fit and proper test dalam menentukan 5 orang terbaik yang layak menduduki jabatan sebagai Komisioner KI Kabupaten Bangkalan untuk periode berikutnya.

“Kami pastikan, proses seleksi akan ketat dan konpetitif. Sebab, peserta harus menguasai materi terutama pengetahuan dan pemahaman tentang Undang-undang. Diantaranya, UUD 1945 dan UU nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik serta UU nomor 40 tahun 1999 tentang Pers,”pungkasnya.(her/mad)

Penulis: Heriyanto
Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia