Indonesia Negara Muslim Paling Bahagia di Dunia

509 views

Di tengah maraknya konflik dan permasalahan. By : An- Sayid

Ilustrasi

Ilustrasi

Maduracorner.com.Bangkalan – Lembaga survei Gallup mengeluarkan daftar negara-negara dengan pengalaman paling positif sepanjang 2014. Dari 123 negara yang disurvei, Indonesia termasuk salah satunya.

Di tengah maraknya konflik dan permasalahan yang mendominasi berita di berbagai media, penduduk dunia tak seluruhnya berada dalam kondisi depresi. Laporan terbaru dari Gallup Inc, menemukan tujuh dari 10 orang dewasa di dunia justru merasakan kebahagiaan selama satu tahun terakhir.

Menariknya lagi, penduduk Indonesia termasuk salah satu dalam daftar 20 negara paling bahagia di dunia. Negeri Nusantara ini berada di peringkat 12 dunia.

Di antara negara-negara muslim dunia anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI), Indonesia bahkan menempati posisi puncak.

Mengutip laporan yang diperoleh Dream, Selasa, 27 Mei 2014, Gallup Inc mewawancarai dan mensurvei 1.000 orang dari 138 negara. Responden berusia minimal 15 tahun dan dipastikan sudah beristirahat dengan baik, sehari sebelum survei dilakukan.

Hasil dari survei ini kemudian dimasukkan ke dalam daftar indeks pengalaman positif global. Hasil temuan kali ini, indeks pengalaman positif penduduk dunia sepanjang 2013 mencapai 71 dari nilai tertinggi, yakni 100.

Secara keseluruhan, hasilnya menunjukkan kalau warga dunia lebih bahagia dibandingkan delapan tahun lalu, saat lembaga tersebut menyusun daftar emosi positif.

Berdasarkan laporan tersebut, negara-negara dari Amerika Latin mendominasi daftar negara paling bahagia. Tercatat sembilan negara di kawasan ini berada di posisi sepuluh besar dunia.

Paraguay berada di posisi teratas dan sudah menggenggam tahta ini tiga tahun berturut-turut. Menguntit di belakangnya adalah Panama, Guatemala, Nikaragua dan Ekuador.

Sebaliknya, Suriah untuk kedua kalinya menjadi negara yang memiliki tingkat kebahagiaan paling rendah. Negara yang sedang terlibat konflik tersebut mendapat skor 36.

Hasil survei menemukan penduduk Suriah sangat jarang merasa beristirahat dengan baik, memiliki kesempatan belajar atau melakukan sesuatu yang menyenangkan.

Laporan Gallup Inc juga menemukan orang-orang yang menghasilkan lebih banyak uang memiliki emosi yang lebih positif. Tetapi data lain menunjukkan bahwa uang tidak selalu mendatangkan kebahagiaan.

Penelitian lain yang sebelumnya dilakukan di AS menemukan bahwa pendapatan yang lebih tinggi memang bisa meningkatkan kebahagiaan, tapi hanya jika mencapai 75 ribu dolar atau 750 juta rupiah. Lebih dari itu tidak terlalu ada perbedaan.

Berikut adalah negara muslim paling bahagia di dunia menurut survey Gallup Inc.

1. Indonesia
2. Uni Emirat Arab
3. Uzbekistan
4. Bahrain
5. Kuwait
6. Maroko
7. Arab Saudi
8. Malaysia
9. Kamerun
10. Nigeria

Sementara 10 negara muslim tak bahagia sepanjang 2013 adalah:

1. Suriah
2. Bosnia dan Herzegovina
3. Yaman
4. Azarbaijan
5. Libanon
6. Tunisia
7. Banglades
8. Pakistan
9. Mesir
10. Siera Leone

 

Sumber : Dream.co.id