Ini 8 Program Prioritas Kapolri 2015, Bakal Menjadi Beban Polres Bangkalan?

image

Kapolres Bangkalan saat pimpin apel

Bangkalan,maduracorner.com – Polres Bangkalan menggelar apel Satgas 8 Program Kapolri 2015. Yakni, satgas pemberantasan premanisme dan kejahatan, perjudian, korupsi, narkoba, illegal fishing, kontra radikalisasi dan deradikalisasi serta penanganan bencana.

Kapolres Bangkalan, AKBP Windiyanto dalam apel satgas ini menjelaskan, program prioritas tersebut dimaksudkan sebagai bentuk implementasi perintah Kapolri melalui Kapolda Jatim. Yakni agar senantiasa memberi rasa aman terhadap masyarakat. Termasuk menanggulangi berbagai jenis model kejahatan yang bisa menimbulkan keresahan masyarakat.

“Sesuai UU No. 2/2002 Polri sebagai pelindung dan pengayom harus selalu siap. Kehadiran Polri harus didukung dan perlu adanya kerja sama dan kebersamaan diantara jajaran Polres,”jelas Windiyanto dihadapan anggotanya.

Mengenai 8 program prioritas ini, Ketua LSM Lempar Bangkalan Jimhur Saros menyoroti beberapa program yang memang relevan dengan kondisi Bangkalan. Yakni pemberantasan kejahatan/premanisme, korupsi, perjudian dan narkoba. “Empat program ini yang saya pikir relevan di Bangkalan. Kalau 4 program lainnya, tidak terlalu berkaitan dengan kehidupan masyarakat Bangkalan sehari-hari”,tutur Jimhur.

Meski hanya 4 program tersebut, Jimhur mengingatkan bahwa itu akan menjadi beban tersendiri bagi jajaran Polres Bangkalan. Pasalnya, kasus-kasus yang berkenaan dengan 4 program ini masih banyak yang mangkrak alias belum sepenuhnya tuntas dari tahun-tahun sebelumnya.

“Narkoba makin merajalela, kasus premanisme terhadap aktivis belum ada kabar penuntasannya. Begitu juga perjudian (sabung ayam) yang tetap eksis di beberapa wilayah di Bangkalan. Termasuk pengungkapan kasus korupsi. Saya pikir malah Kejaksaan Negeri Bangkalan lebih banyak melakukan pengungkapan dari pada polres”,cetus Jimhur panjang lebar.

“Jika 4 program ini saja terbelengkalai, tentu akan menjadi beban bagi kepolisian di Bangkalan. Kecuali mereka memang bersungguh-sungguh menjalankan program prioritas Kapolri tersebut”,pungkasnya. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor : Mamad El Shaarawy

Email Autoresponder indonesia